LEMSAKTI adalah lembaga yang dibentuk/disahkan oleh Pemerintah untuk mengelola sumbangan keagamaan yang dapat dikurangkan dari penghasilan bruto dalam perhitungan pajak penghasilan

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 36 TAHUN 2008 TENTANG PERUBAHAN KEEMPAT ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 1983 TENTANG PAJAK PENGHASILAN

Pasal 9 ayat (1) Untuk menentukan besarnya Penghasilan Kena Pajak bagi Wajib Pajak dalam negeri dan bentuk usaha tetap tidak boleh dikurangkan:

g. harta yang dihibahkan, bantuan atau sumbangan, dan warisan ... , kecuali... sumbangan keagamaan yang sifatnya wajib bagi pemeluk agama yang diakui di Indonesia, yang diterima oleh lembaga keagamaan yang dibentuk atau disahkan oleh pemerintah, yang ketentuannya diatur dengan atau berdasarkan Peraturan Pemerintah;

Jumat, 14 September 2012

CHUCK FEENEY – MEMBERI SELAGI MASIH HIDUP


CHUCK FEENEY – MEMBERI SELAGI MASIH HIDUP

Chuck Feeney membantu menciptakan Duty Free Shoppers Group (DFS), sebagai toko pengecer barang-barang mewah terbesar di dunia. Pada tahun 1984, dia menyumbangkan 38 persen saham yang dimilikinya dalam perusahaan kepada lembaga sumbangannya, yang dia sebut the Atlantic Philanthropies. Itu adalah pemberian luar biasa yang bertumbuh lebih besar ketika DFS dijual seharga dua setengah milyar dolar pada tahun 1996.

Feeney menerapkan nilai baginya dalam strategi “memberi selagi masih hidup” dan berdedikasi untuk menyumbangkan semua uang dalam lembaga sumbangannya pada tahun 2020. Dia hanya mempertahankan kurang dari satu persen untuk menyokong kemakmuran dirinya sendiri.

Hingga Desember 2009, total semua sumbangannya adalah sebanyak lima milyar dolar. Ini termasuk investasi di Irlandia yang membantu dan mendorong pembangunan 64 lembaga-lembaga, pusat-pusat dan program-program riset. Dia juga merupakan asal sumber keuangan kepada puluhan kegiatan yang disumbang masing-masing jutaan dolar untuk membantu mentransformasikan  infrastruktur kesehatan di Vietnam.

“Saya memiliki satu gagasan yang tidak pernah berubah dalam pikiran saya,” kata Feeney. “Bahwa Anda harus menggunakan kekayaan Anda untuk membantu orang lian”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar