LEMSAKTI adalah lembaga yang dibentuk/disahkan oleh Pemerintah untuk mengelola sumbangan keagamaan yang dapat dikurangkan dari penghasilan bruto dalam perhitungan pajak penghasilan

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 36 TAHUN 2008 TENTANG PERUBAHAN KEEMPAT ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 1983 TENTANG PAJAK PENGHASILAN

Pasal 9 ayat (1) Untuk menentukan besarnya Penghasilan Kena Pajak bagi Wajib Pajak dalam negeri dan bentuk usaha tetap tidak boleh dikurangkan:

g. harta yang dihibahkan, bantuan atau sumbangan, dan warisan ... , kecuali... sumbangan keagamaan yang sifatnya wajib bagi pemeluk agama yang diakui di Indonesia, yang diterima oleh lembaga keagamaan yang dibentuk atau disahkan oleh pemerintah, yang ketentuannya diatur dengan atau berdasarkan Peraturan Pemerintah;

Rabu, 03 Oktober 2012

MENGARAHKAN SUMBANGAN


KELUARGA MENYUMBANG KETIKA DAPAT MENGARAHKAN


José adalah seorang pengusaha pekerja keras. Dia melakukan pemberian sumbangan dengan dinamika yang sama. Dia dan istrinya Darla menugaskan penasihat profesional untuk membantu penelitian dan menentukan fokus tempat mereka memberi. Mereka memutuskan menyumbang pada bidang pendidikan yang belum mendapat perhatian banyak donatur, di mana mereka merasa pemberian mereka bisa memiliki dampak maksimum.

Meskipun José membuat semua keputusan akhir tentang pemberian sumbangan, dia juga ingin memasukkan pendapat dan keterlibatan keluarganya. Dia bergabung dengan istrinya tampil di hadapan publik mempromosikan perjuangan mereka, berusaha untuk mengkatalisasi dukungan di antara para ahli, yayasan dan donor perorangan. José dan Darla juga ingin memberi mereka kekuatan menjadi pemersatu bagi keluarga mereka, sehingga mereka secara teratur bertemu dengan anak-anak dan cucu mereka untuk menginformasikan tentang kemajuan proyek utama yang mereka sumbang.

Mereka juga mengundang generasi muda untuk mengejar kepentingan mereka sendiri - tapi José jelas dan tegas menetapkan dengan keluarga bahwa ia akan mencari kepastian pada rekomendasi sumbangan anggota keluarga hanya pada bidang yang diminati olehnya. Dia mendorong anak-anak dan cucunya yang dewasa untuk membuat presentasi, pergi melakukan kunjungan lapangan dan bahkan merekrut donor lain sebagai mitra.

Pendekatan ini bekerja dan berfungsi dengan baik untuk beberapa anggota keluarga. Tetapi anak-anak memutuskan mereka tidak terpaku pada suatu titik dalam hidup mereka, karena mereka bisa mencurahkan jumlah waktu yang diperlukan untuk kepentingan penelitian amal. José menerima ini tetapi berharap dari waktu ke waktu anak-anak akan terlibat lagi. "Ini tentang memahami apa artinya menyumbang bagi Anda karena semua orang berhak untuk membuat perbedaan" kata José.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar