LEMSAKTI adalah lembaga yang dibentuk/disahkan oleh Pemerintah untuk mengelola sumbangan keagamaan yang dapat dikurangkan dari penghasilan bruto dalam perhitungan pajak penghasilan

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 36 TAHUN 2008 TENTANG PERUBAHAN KEEMPAT ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 1983 TENTANG PAJAK PENGHASILAN

Pasal 9 ayat (1) Untuk menentukan besarnya Penghasilan Kena Pajak bagi Wajib Pajak dalam negeri dan bentuk usaha tetap tidak boleh dikurangkan:

g. harta yang dihibahkan, bantuan atau sumbangan, dan warisan ... , kecuali... sumbangan keagamaan yang sifatnya wajib bagi pemeluk agama yang diakui di Indonesia, yang diterima oleh lembaga keagamaan yang dibentuk atau disahkan oleh pemerintah, yang ketentuannya diatur dengan atau berdasarkan Peraturan Pemerintah;

Sabtu, 20 Juli 2013

SURAT EDARAN DIRJEN BIMAS KRISTEN KEMENTERIAN AGAMA RI NOMOR: DJ.III/BA.00/579/2013 Tanggal 11 Juni 2013 TENTANG KEIKUTSERTAAN DALAM OLIMPIADE ALKITAB INTERNASIONAL I 2013 (OAI-i) TAHUN 2013

SURAT EDARAN DIRJEN BIMAS KRISTEN KEMENTERIAN AGAMA RI
NOMOR: DJ.III/BA.00/579/2013 Tanggal 11 Juni 2013 TENTANG
KEIKUTSERTAAN DALAM OLIMPIADE ALKITAB INTERNASIONAL I 2013  (OAI-i) TAHUN 2013        

Kepada Yth.
  1. Pimpinan Gereja Kristen Aras Nasional
  2. Pimpinan Sinode Gereja / Gereja Induk Kristen
  3. Pimpinan Gereja-Gereja Lokal Tertentu
  4. Pimpinan Yayasan Kristen
  5. Pimpinan Perguruan Tinggi Agama Kristen
  6. Pimpinan Lembaga Pendidikan dan Pendidikan Keagamaan Kristen
  7. Pimpinan Lembaga / Organisasi Sosial Keagamaan Kristen



SURAT EDARAN
Nomor: DJ.III/BA.00/579/2013
TENTANG
KEIKUTSERTAAN DALAM OLIMPIADE ALKITAB INTERNASIONAL I
(OAI-I) TAHUN 2013

Berdasarkan sebagian tujuan pembangunan nasional di bidang agama yaitu umat beragama yang taat kepada ajaran agama dan cerdas dalam menghadapi kehidupan, dan untuk mencapainya addalah salah satunya dengan mendorong dan memotivasi setiap umat untuk rajin dan secara rutin membaca kitab suci Agama Kristen atau ALKITAB, untuk merealisasikan hal tersebut maka pada tahun anggaran 2013 Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama RI melalui Subdit Budaya Keagamaan Kristen memprogramkan kegiatan Olimpiade Alkitab Internasional yang kegiatan tersebut bertujuan untuk memlotivasi umat Kristen membaca ALKITAB. Agar kegiatan tersebut dapat berjalan sebagaimana yang telah diprogramkan maka telah dibentuk Panitia Olimpiade Alkitab Internasional Tahun 2013. Berkenan dengan hal tersebut maka Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama menghimbau kepada seluruh pimpinan lebaga/organisasi keagamaan Kristen :


1        Untuk secara proaktif bersama-sama mengambil bagian dalam kegiatan besar tersebut, dengan memilih salah satu atau beberapa dari peran serta yang dapat diikuti sebagai berikut:

a.      Menunjuk dan mengutus perwakilan masing-masing sedikitnya 10 (sepuluh) orang untuk menjadi sukarelawan membantu pekerjaan Panitia Pelaksana mulai persiapan, pelaksanaan dan penyelesaian Olimpiade Alkitab tersebut. Event dalam kegiatan Olimpiade Alkitab I meliputi: (1) Upacara Seremonial Pembukaan, Penganugerahan Penghargaan, Penutupan; (2) Lomba Alkitab ada 9 disiplin (lihat nomor c. di bawah); (3) Seminar Kebangunan Rohani; (4) Sidang Komite; (5) Promosi berupa: Eksibisi, Galeri Seni, Tempat Dagang; (6) Perkampungan Alkitab; (7) Perkemahan Alkitab.

b.      Menunjuk perwakilan masing-masing sedikitnya 1 (satu) orang untuk didudukkan dalam jabatan Komite Olimpiade Alkitab Nasional (National Bible Olympic Committee – NBOC Indonesia) dan atau Komite Olimpiade Alkitab Internasional  (International Bible Olympic Committtee – IBOC), dengan mengikuti semua kegiatan persiapan, pelaksanaan sidang komite, hingga pelantikan dan penugasan yang bersangkutan.

c.       Mengutus Tim Lomba Olimpiade Alkitab masing-masing untuk mengikuti setiap disiplin Lomba yang diselenggarakan oleh Panitia Pelaksana. Disiplin yang dilombakan pada IBO-I adalah: (1) Kuis Alkitab, (2) Cerita Alkitab, (3) Drama Alkitab, (4) Nyanyi Alkitab, (5) Orasi Alkitab, (6) Menghafal Alkitab, (7) Menulis Kreatif Alkitab, (8) Lukisan Alkitab, (9) Multi Media Alkitab.

d.      Menugaskan Pimpinan Cabang / Perwakilan Gereja / Wakil Organisasi yang beroperasi dan melayani dan atau bertempat kedudukan di Luar Indonesia untuk mewakili negara masing-masing mengikuti kegiatan yang sesuai dalam OAI-I di Indonesia, baik sebagai sukarelawan yang membantu panitia, calon anggota komite, peserta lomba, peserta kegiatan lainnya.

e.      Mengutus Tim Ahli dalam Lomba yang diselenggarakan untuk diusulkan berperan sebagai Tim Lomba dan atau Tim Juri sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing.

f.        Mensponsori kegiatan  OAI-I dengan membiayai peserta sebagaimana disebut  butir a sd e di atas dan atau menjadi sponsor dalam satu atau lebih kegiatan yang disediakan untuk itu (lihat nomor a di atas) dan atau menyumbangkan / mempersembahkan sejumlah dana yang secara khusus dikumpulkan dari umat/anggota masing-masing untuk tujuan OAI-I ini.

g.      Menginformasikan / mewartakan / mempublikasikan di lingkungan masing-masing tentang kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan dalam IBO-I ini dengan mendorong setiap umat mengunjungi situs resmi IBO di http://www.internationalbibleolympics.org atau http://www.olimpiadealkitab.org

h.      Melakukan koordinasi dengan Kepala Bidang/Pembimas Kristen, selanjutnya melaporkan hasil-hasil pelaksanaan himbauan ini.

  1. Menginformasikan bagi para penyumbang yang ingin mendapatkan manfaat perpajakan dari sumbangannya kepada kegiatan Olimpiade Alkitab ini, dengan cara sumbangan dikurangkan dari penghasilan bruto, dapat diberikan bukti berupa Sertifikat Sumbangan Keagamaan (SSK) dari Lembaga Sumbangan Agama Kristen Indonesia (LEMSAKTI), sebagai lembaga yang dibentuk/disahkan Pemerintah mengelola sumbangan keagamaan Kristen di Indonesia. Informasi tentang LEMSAKTI dapat dilihat pada situs resmi di http://www.lemsakti.com

  1. Mensyukuri dan berperan serta dengan aktif untuk mensukseskan OAI-I ini, bukan hanya sebagai ajang yeng akan mengangkat citra bangsa kita Indonesia, tetapi juga menjadi kebanggaan umat Kristen seluruh dunia.

  1. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Ditjen Bimas Kristen up. Subdit Budaya Keagamaan Kristen atau Panitia Pelaksana OAI-I dengan alamat sebagai berikut:

SUBDIT BUDAYA KEAGAMAAN KRISTEN  DITJEN BIMAS KRISTEN KEMENTERIAN AGAMA RI
Gedung Kementerian Agama Republik Indonesia Lantai XI
JL. M.H. Thamrin No. 6 Jakarta 10340  Indonesia
Telp : +6221- 3920739 ext. 496, +6221-3812583,
Mobile: +6221812 8220 7646, +62856917787751 (Sdri Ribka)


INTERNATIONAL BIBLE OLYMPIC I 2013 ORGANIZING COMMITTEE
IBO-I 2013 OC
PANITIA PELAKSANA OLIMPIADE ALKITAB INTERNASIONAL I 2013
Komp. Ruko Sentra Latumenten. Blok C5-6.
Jl Prof DR Latumenten. No 50. Jakarta Barat 11460. INDONESIA
Telp : +6221 567 3560/ Fax : +6221 567 3603.
Mobile : +6221812 832 7655 (Sdri Rianti)

Atas perhatian dan kerja sama saudara, kami ucapkan terima kasih.


Direktur Jenderal

                                                                                    Ttd & cap stempel


Dr. Saur Hasugian, MTh


Tembusan:

1        Menteri Agama Republik Indonesia (sebagai laporan)
2        Para Gubernur Provinsi seluruh Indonesia
3        Para Kepala Kanwil Kementerian Agama seluruh Indonesia
4        Bidang/Pembimas Kristen seluruh Indonesia
5        Bupati Kabupaten seluruh Indonesia
6        Walikota seluruh Indonesia
7        Lembaga Budaya Agama Kristen (LEBAK)
8        Panitia Olimpiade Alkitab Internasional I 2013
9        Lembaga Sumbangan Agama Kristen Indonesia (LEMSAKTI)




DISALIN SESUAI DENGAN ASLINYA OLEH LEBAK/LEMSAKTI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar