LEMSAKTI adalah lembaga yang dibentuk/disahkan oleh Pemerintah untuk mengelola sumbangan keagamaan yang dapat dikurangkan dari penghasilan bruto dalam perhitungan pajak penghasilan

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 36 TAHUN 2008 TENTANG PERUBAHAN KEEMPAT ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 1983 TENTANG PAJAK PENGHASILAN

Pasal 9 ayat (1) Untuk menentukan besarnya Penghasilan Kena Pajak bagi Wajib Pajak dalam negeri dan bentuk usaha tetap tidak boleh dikurangkan:

g. harta yang dihibahkan, bantuan atau sumbangan, dan warisan ... , kecuali... sumbangan keagamaan yang sifatnya wajib bagi pemeluk agama yang diakui di Indonesia, yang diterima oleh lembaga keagamaan yang dibentuk atau disahkan oleh pemerintah, yang ketentuannya diatur dengan atau berdasarkan Peraturan Pemerintah;

Kamis, 24 Januari 2019

EKONOMI KRISTEN: DASAR ALKITABIAH DARI PRINSIP EKONOMI


Dasar Alkitabiah dari Prinsip Ekonomi

Kami telah menghabiskan banyak waktu di blog kami untuk membicarakan Ekonomi Kristen. Selanjunya kami merencanakan menulis beberapa prinsip ekonomi dasar dan mengapa prinsip-prinsip itu penting untuk dipahami oleh orang Kristen.

Kita berbicara tentang penatagunaan seumur hidup. Frase ini merupakan konsep yang menjelaskan penatagunaan jauh melampaui cara Anda membelanjakan uang Anda. Juga jauh melampaui bagaimana Anda peduli terhadap lingkungan.

Konsep ini ini sering kali berbicara tentang bagaimana orang Kristen berpikir tentang penatalayanan. Ini adalah tempat yang bagus untuk memulai. Tetapi, kami pikir penatalayanan, sebagaimana Tuhan telah memanggil kami, mengandung pemahaman yang jauh lebih banyak. Bahkan kita telah menyadari, bahwa Tuhan telah memanggil kita untuk menjalani seluruh hidup kita untuk tujuan-Nya.
Ini berarti bahwa setiap pilihan yang kita buat memerlukan niat dan tujuan, dan itu berarti kita harus selalu menghitung biaya tindakan kita.

Kolose 3: 23-24 memberi tahu kita: Apa pun yang Anda lakukan, kerjakan dengan sepenuh hati, seperti bekerja untuk Tuhan, bukan untuk tuan manusia, karena Anda tahu bahwa Anda akan menerima warisan dari Tuhan sebagai hadiah. Itu adalah Tuhan yang Anda layani. (terjemahan bebas)

Pandangan kita adalah bahwa ekonomi dapat membantu kita menjadi penatalayan yang lebih baik dengan membantu kita menghitung biaya yang diharapkan dan tidak terduga dari pilihan yang kita ambil. 

Seperti yang dikatakan Thomas Sowell:
Dibutuhkan pengetahuan yang cukup hanya untuk menyadari sejauh mana ketidaktahuan Anda sendiri.

Ekonomi membantu kita untuk menggali beberapa ketidaktahuan yang mengelilingi kita. Ini membantu kita untuk mempertimbangkan apa konsekuensi yang tidak diinginkan dari tindakan kita, dan dengan demikian membuat pilihan yang lebih baik.

Ini membutuhkan perubahan dalam pemikiran kita, yang menggabungkan cara berpikir ekonomi. Saya tidak bisa memikirkan cara yang lebih baik untuk memulai 2019 daripada memulai dengan prinsip-prinsip ekonomi dan membahas masing-masing secara mendalam dari perspektif Alkitab.
Cara terbaik untuk memulai adalah dengan sebuah buku. 

Salah satu buku yang bermutu adalah COMMON SENSE ECONOMICS: APA YANG SEHARUSNYA SEMUA ORANG KETAHUI TENTANG KEKAYAAN DAN KEMAKMURAN oleh James Gwartney, Richard Stroup, Dwight Lee dan Tawni Ferrarini. Buku ini merupakan salah satu Buku Ekonomi Top untuk Pemula.

Para penulis ini melakukan pekerjaan yang luar biasa dari memecah pemikiran ekonomi menjadi dua belas elemen kunci. Ke-12 elemen kami daftarkan semuanya di sini untuk memberikan gambaran tentang apa yang ingin disampaikan tentang Dasar Alkitabiah dari Prinsip Ekonomi.


  1. Masalah insentif.
  2. Tidak ada yang namanya makan siang gratis.
  3. Keputusan dibuat dengan margin.
  4. Perdagangan mendorong kemajuan ekonomi.
  5. Biaya transaksi merupakan hambatan untuk berdagang.
  6. Harga membuat pilihan pembeli dan penjual menjadi seimbang.
  7. Profit mengarahkan bisnis ke arah aktivitas yang meningkatkan kekayaan.
  8. Orang mendapat penghasilan dengan membantu orang lain.
  9. Produksi barang dan jasa yang bernilai untuk manusia, bukan hanya pekerjaan, menyediakan sumber standar hidup yang tinggi.
  10. Kemajuan ekonomi datang terutama melalui perdagangan, investasi, cara-cara yang lebih baik dalam melakukan sesuatu, dan institusi ekonomi yang sehat.
  11. "Tangan tak terlihat" dari harga pasar mengarahkan pembeli dan penjual ke arah kegiatan yang mempromosikan kesejahteraan umum.
  12. Terlalu sering konsekuensi jangka panjang, atau efek sekunder, dari suatu tindakan diabaikan.

Ini bisa membuat Anda mulai berpikir tentang cara berpikir ekonomi secara umum. Kami akan membahas setiap elemen secara terperinci dan berupaya memahaminya dari sudut pandang Alkitab.

Kami percaya asas-asas ini akan membantu kita menjadi penatalayan yang lebih baik, dan menjadi lebih disengaja dengan semua pilihan hidup kita sehingga kita dapat sepenuhnya hidup dalam kehidupan yang Allah telah memanggil kita.



TULISAN EKONOMI KRISTEN dalam blog ini

Ekonomi Kristen: Membangun Komunitas Bersama

Sabtu, 21 Juli 2012

EKONOMI KRISTEN: KEMISKINAN DAN BEKERJA

Selasa, 24 Juli 2012


EKONOMI KRISTEN: BUNGA UANG

Minggu, 05 Agustus 2012


EKONOMI KRISTEN: BUNGA DAN HUTANG

Selasa, 07 Agustus 2012


EKONOMI KRISTEN: BUDAYA MASYARAKAT

Kamis, 19 Juli 2012


EKONOMI KRISTEN: MEMBUAT TEMAN

Minggu, 22 Juli 2012


EKONOMI KRISTEN: MODAL

Kamis, 26 Juli 2012





Tidak ada komentar:

Posting Komentar