LEMSAKTI adalah lembaga yang dibentuk/disahkan oleh Pemerintah untuk mengelola sumbangan keagamaan yang dapat dikurangkan dari penghasilan bruto dalam perhitungan pajak penghasilan

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 36 TAHUN 2008 TENTANG PERUBAHAN KEEMPAT ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 1983 TENTANG PAJAK PENGHASILAN

Pasal 9 ayat (1) Untuk menentukan besarnya Penghasilan Kena Pajak bagi Wajib Pajak dalam negeri dan bentuk usaha tetap tidak boleh dikurangkan:

g. harta yang dihibahkan, bantuan atau sumbangan, dan warisan ... , kecuali... sumbangan keagamaan yang sifatnya wajib bagi pemeluk agama yang diakui di Indonesia, yang diterima oleh lembaga keagamaan yang dibentuk atau disahkan oleh pemerintah, yang ketentuannya diatur dengan atau berdasarkan Peraturan Pemerintah;

Sabtu, 22 Juni 2019

YESUS DAN UANG


YESUS DAN UANG

Jesus and Money: A Guide for Times of Financial Crisis, 2012 adalah buku yang ditulis oleh Ben Witherington III (PhD, University of Durham) seorang Amos Professor bidang New Testament for Doctoral Studies di Asbury Theological Seminary in Wilmore, Kentucky, USA. Buku ini meneliti Alkitab dengan tekun dan cerdas, mencari ajaran Yesus dan para pengikut-Nya tentang kekayaan, kemiskinan, memberi, dan hutang.

Setelah resesi global yang serius, banyak orang Kristen menyadari bahwa mereka perlu memikirkan kembali pendekatan mereka terhadap uang. Di sini sarjana Perjanjian Baru yang dihormati, Ben Witherington III, mengeksplorasi apa yang Alkitab katakan - dan tidak - katakan tentang uang. Buku ini dengan jelas dan ringkas memeriksa apa yang diajarkan Yesus dan para pengikutnya tentang kekayaan dan kemiskinan, uang dan hutang, dan pemberian persepuluhan dan pengorbanan untuk membantu pembaca memahami peran uang yang tepat dalam kehidupan Kristen modern. Sepanjang jalan, ia mengkritik pendekatan janji-iman  dan teologia kesehatan-dan-kekayaan untuk masalah-masalah ini, menunjukkan seperti apa sebenarnya penatalayanan yang baik dari kepemilikan Allah. Ini salah satu contoh pemikiran tentang uang yang disarankan penulis buku ini menjadi rujukan bagi orang Kristen.

Selanjutnya dalam blog ini dipaparkan berbagai pandangan para pemikir dan penulis Kristen yang dikompilasi dengan bebas untuk memperkaya wawasan dan menginspirasi orang Kristen memiliki pandangan dan sikap yang sesuai bagi dirinya masing-masing.

APA ITU UANG?

Uang atau  duit yang dulu disingkat usdek: uang sen duit epeng kicik dst adalah media pertukaran saat ini dalam bentuk koin dan uang kertas baik secara tersendiri maupun secara kolektif. Uang yang siap di pertukarkan disebut uang tunai, kas keras, uang siap dan lainnya. Orang juga mengartikan uang sebagai aset, properti, dan sumber daya yang dimiliki oleh seseorang atau sesuatu; sinonim dengan kekayaan, kemakmuran, kejayaan, aset likuid, sumber daya, substansi, sarana, kantong dalam, kesejahteraan, berkat, dan lainnya.

Uang dalam ilmu ekonomi tradisional didefinisikan sebagai setiap alat tukar yang dapat diterima secara umum. Alat tukar itu dapat berupa benda apapun yang dapat diterima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa.
Dalam ilmu ekonomi modern, uang didefinisikan sebagai sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran hutang. Beberapa ahli juga menyebutkan fungsi uang sebagai alat penunda pembayaran.
Secara kesimpulan, uang adalah suatu benda yang diterima secara umum oleh masyarakat untuk mengukur nilai, menukar, dan melakukan pembayaran atas pembelian barang dan jasa, dan pada waktu yang bersamaan bertindak sebagai alat penimbun kekayaan.
Keberadaan uang menyediakan alternatif transaksi yang lebih mudah daripada barter yang lebih kompleks, tidak efisien, dan kurang cocok digunakan dalam sistem ekonomi modern karena membutuhkan orang yang memiliki keinginan yang sama untuk melakukan pertukaran dan juga kesulitan dalam penentuan nilai. Efisiensi yang didapatkan dengan menggunakan uang pada akhirnya akan mendorong perdagangan dan pembagian tenaga kerja yang kemudian akan meningkatkan produktivitas dan kemakmuran. Urusan uang dalam  kehidupan bisnis lebih top dengan istilah finansial. Misalnya fintek, finansial berbasis teknologi.

Mandiri Secara Finansial
Orang yang mandiri secara finansial memiliki aset yang menghasilkan pendapatan (arus kas) yang setidaknya sama dengan pengeluaran mereka. Mandiri secara finansial berarti Anda memiliki kekayaan yang cukup untuk hidup, tanpa bekerja. Penghasilan yang Anda peroleh tanpa harus bekerja adalah pekerjaan yang biasanya disebut sebagai penghasilan pasif.

Apa Arti Kebebasan Finansial bagi Anda?
Kebebasan finansial harus bersifat pribadi. Bermimpilah besar dan dapatkan spesifik tentang tujuan Anda.

Seperti apa kemandirian finansial bagi Anda? Mungkin terlihat seperti ini:
ü  Kebebasan untuk memilih karier yang Anda sukai tanpa mengkhawatirkan uang.
ü  Kebebasan untuk melakukan perjalanan internasional setiap tahun tanpa membebani anggaran Anda.
ü  Kebebasan membayar tunai untuk kapal atau mobil baru.
ü  Kebebasan untuk menanggapi kebutuhan orang lain dengan kemurahan hati yang berkelimpahan.
ü  Kebebasan untuk pensiun satu dekade lebih awal.
ü  Ketika Anda mandiri secara finansial, Anda memiliki opsi. Anda tidak perlu bertanya-tanya apakah rekening bank Anda dapat menangani penggantian pemanas air panas atau membeli bahan makanan untuk seorang ibu tunggal yang baru saja kehilangan pekerjaannya.

Ada banyak strategi untuk mencapai kemandirian finansial, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri. Untuk mencapai kemandirian finansial, akan sangat membantu jika Anda memiliki rencana dan anggaran keuangan, sehingga Anda tahu uang apa yang masuk dan keluar, memiliki pandangan yang jelas tentang pendapatan dan pengeluaran Anda saat ini, dan dapat mengidentifikasi dan memilih strategi yang tepat untuk bergerak menuju tujuan keuangan Anda. Rencana keuangan membahas setiap aspek keuangan Anda.

Mungkin kedengarannya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, tetapi Anda bisa melakukan ini! Inilah cara memulai perjalanan Anda sendiri menuju kebebasan finansial!

Langkah # 1: Pelajari Cara Mengelola Uang
Anda tidak akan maju jika Anda tidak memiliki rencana untuk uang Anda. Alih-alih, Anda akan bertanya-tanya ke mana uang Anda pergi pada akhir setiap bulan! Itu bukan kemandirian finansial; itu adalah resep untuk bencana keuangan. Jika Anda sudah menikah, dapatkan halaman yang sama dengan pasangan Anda tentang anggaran Anda. Jika Anda lajang, temukan mitra akuntabilitas.

Membangun kekayaan tidak mungkin jika Anda hidup dari gaji ke gaji. Beri setiap rupiah pos pengeluaran sebelum bulan dimulai, dan lacak pengeluaran Anda sepanjang bulan. Jika Anda secara konsisten membelanjakan atau membeli di area tertentu, Anda selalu dapat menyesuaikan jumlah di setiap kategori.

Penganggaran penting untuk mendapatkan keuangan Anda di jalur yang benar, tetapi tidak berakhir di sana. Bahkan setelah Anda mencapai kebebasan finansial, Anda masih akan menyelesaikan anggaran unik setiap bulan. Tidak peduli berapa banyak uang yang Anda miliki, Anda perlu rencana.

Anda tidak akan mencapai kemandirian finansial karena mujizat atau berdoa terus menerus. Penganggaran adalah langkah pertama untuk membangun kekayaan dengan sengaja.

Langkah # 2: Bersihkan Keuangan Anda
Setelah Anda mulai mempelajari cara mengelola uang, Anda mungkin menyadari bahwa Anda telah membuat kesalahan dengan keuangan Anda di masa lalu. Tidak apa-apa! Tetapi jika Anda ingin mandiri secara finansial, Anda harus membersihkan kekacauan sebelum mulai membangun kekayaan.

Itu berarti jika Anda memiliki hutang seperti kartu kredit, pinjaman multi guna atau kredit mobil, saatnya untuk serius menendang ke tepi jalan. Mengapa? Karena saat Anda berhutang uang, gaji Anda memiliki pemilik orang lain. Jika Anda ingin mencapai tujuan Anda, Anda perlu penghasilan penuh sesuai keinginan Anda, bukan potongan-potongan yang tersisa setelah membayar tagihan kartu kredit dan pembayaran pinjaman.

Melunasi hutang Anda membantu Anda membangun fondasi untuk membangun kekayaan yang akan bertahan lama. Pastikan Anda memiliki sejumlah rupiah tertentu yang disimpan sebelum Anda mulai menangani hutang Anda. Anda tidak ingin biaya tak terduga mengganggu kemajuan Anda!

Sebagian besar orang merasa mendapat kenaikan gaji saat memulai penganggaran, jadi itu kabar baik bagi Anda. Lemparkan semua itu dengan hutang terkecil Anda sampai habis. Lalu teruskan bola salju! Melunasi hutang adalah kerja keras, tetapi tidak ada yang benar-benar merasa menyimpan uang yang Anda bawa setiap bulan!

Setelah Anda bebas dari utang, tetaplah di sana. Untuk kebaikan. Memiliki hutang merusak kemampuan Anda untuk membangun kekayaan dan menempatkan rencana keuangan Anda dalam risiko. Itu mudah. Hindari hutang!

Langkah # 3: Jadilah Cerdas Tentang Pilihan Karier Anda
Alat membangun kekayaan terbesar Anda adalah penghasilan Anda. Jadi ketika datang untuk memilih karier, ada banyak hal yang dipertaruhkan. Tidak ada alasan untuk tetap terjebak pada pekerjaan buntu, terutama jika itu membuat Anda sengsara. Menemukan pekerjaan yang Anda nikmati yang juga mendukung tujuan keamanan finansial Anda akan membantu Anda menikmati perjalanan. Jadi apa yang harus Anda cari? Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat:

Anda ingin berada di mana dalam 10 tahun? Mulailah dengan akhir dalam pikiran. Apakah pekerjaan ini masuk akal dengan tujuan keseluruhan Anda?

Apakah ada potensi penghasilan? Bahkan jika Anda tidak mendapatkan gaji impian sejak awal, pastikan ada peluang bagi penghasilan Anda untuk meningkat seiring dengan meningkatnya nilai Anda.

Bisakah Anda tumbuh? Apakah ada peluang bagi Anda untuk naik dan tumbuh secara pribadi dan profesional?

Apakah Anda menikmati pekerjaannya? Jangan menghabiskan karier di pekerjaan yang Anda benci. Temukan sesuatu yang Anda sukai yang memungkinkan Anda menggunakan bakat dan keterampilan Anda.

Apakah manfaatnya mendukung tujuan kebebasan finansial Anda? Pilihan Anda untuk tabungan pensiun dan asuransi kesehatan dapat secara dramatis mempengaruhi kemampuan Anda untuk membangun kekayaan. Pilihan karir Anda dapat memiliki dampak besar pada rencana keuangan jangka panjang Anda, jadi anggaplah serius!

Langkah # 4: Buat Strategi untuk Penghematan Jangka Pendek
Bayangkan jika Anda harus menarik uang dari dana pension Anda (asuransi) Anda ketika unit A / C di rumah Anda perlu diganti. Bagaimana jika Anda harus membuka kartu kredit untuk membayar belanjaan setelah kehilangan pekerjaan Anda? Bagaimana Anda bisa maju jika Anda terus meminjam uang dari masa depan Anda? Anda tidak akan pernah mandiri secara finansial.

Jika tujuan Anda adalah kebebasan finansial, Anda memerlukan penyangga untuk peristiwa kehidupan tak terduga yang terjadi pada kita semua, seperti perbaikan mobil, peralatan yang rusak, dan deduksi medis. Itu sebabnya Anda harus menambah dana darurat Anda untuk menutup tiga hingga enam bulan pengeluaran begitu Anda keluar dari hutang.

Memiliki uang tunai untuk menutup peristiwa kehidupan yang tidak terduga memberi Anda ketenangan pikiran dan merupakan bagian penting dari keseluruhan rencana keuangan Anda. Setelah Anda memiliki rekening tabungan yang didanai penuh, Anda akan mulai merasakan lebih banyak fleksibilitas dalam anggaran Anda. Anda akan bisa mengatakan ya untuk berbelanja latte dan hidangan khusus tanpa rasa bersalah sama sekali!

Karena Anda tidak mengambil utang, Anda juga akan memerlukan rencana tabungan untuk pembelian besar yang tidak darurat. Mari kita mengambil liburan musim panas misalnya. Itu mudah! Buat item baris dalam anggaran bulanan Anda dan bagi jumlah total dengan bulan yang harus Anda simpan. Anda tidak lagi hidup dalam hutang, dan itu berarti Anda dapat menikmati liburan Anda alih-alih memiliki tagihan kartu kredit yang mengikuti Anda pulang.

Dengan dana darurat penuh dan rencana untuk menutup pembelian dalam jumlah besar, Anda akan memiliki dasar keuangan untuk mulai berinvestasi.

Langkah # 5: Pelajari Tentang Opsi Investasi Anda
Sekarang setelah Anda memiliki rencana untuk tabungan jangka pendek, Anda siap melangkah dengan literasi keuangan yang dapat membantu Anda memaksimalkan opsi investasi jangka panjang Anda. Kabar baiknya adalah semakin cepat Anda mulai berinvestasi, semakin banyak waktu uang Anda harus tumbuh. Itulah kekuatan bunga majemuk di tempat kerja. Inilah cara memulai:

Tabungan Pensiun
Mulailah dengan keuangan Anda untuk mengambil keuntungan dari rekening pensiun yang bebas pajak yang tersedia untuk Anda di tempat kerja  Anda. Berapa banyak yang harus Anda investasikan untuk pensiun? Tembak 15% dari penghasilan Anda. Dan jika majikan Anda menawarkan kecocokan pada kontribusi Anda, ambillah! Jangan bilang tidak untuk uang gratis.

Jika Anda memiliki akses di tempat kerja dengan opsi reksa dana yang baik, hebat! Anda dapat menginvestasikan 15% penuh di sana. Tetapi jika Anda memiliki penghasilan bebas pajak tradisional, berinvestasilah hingga pertandingan, lalu investasikan apa yang tersisa dari 15% Anda dalam obligasi pemerintah. Jika Anda masih memiliki sisa 15% setelah memaksimalkan, kembalilah isi dana pensiun Anda.

Mengapa obligasi pemerintah ide yang bagus? Ketika Anda berinvestasi dalam obligasi pemerintah, uang yang Anda investasikan tumbuh bebas pajak. Itu berarti Anda tidak perlu membayar pajak ketika Anda menarik uang di masa pensiun. Itu manfaat besar yang tidak ingin Anda lewatkan. Intinya cari surat berharga yang aman dan imbalan tinggi.

Tabungan Pendidikan
Jika Anda sudah menyumbangkan 15% dari penghasilan Anda untuk pensiun dan Anda ingin mulai menabung untuk dana kuliah anak-anak Anda, Anda dapat mulai dengan berinvestasi di Tabungan Pendidikan. Uang yang Anda kontribusikan tumbuh bebas pajak, yang berarti Anda tidak akan membayar pajak saat digunakan untuk menutupi biaya kuliah. Saat ini Anda dapat berkontribusi per tahun untuk setiap anak. Batas penghasilan memang berlaku, dan pro investasi Anda dapat membantu Anda mengetahui apakah itu berdampak pada Anda.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa rencana investasi yang harus Anda hindari. Menghindari rencana pembayaran pra-bayar dan opsi investasi tetap. Hal terbaik tentang menabung untuk kuliah anak-anak Anda adalah bahwa dengan membantu mereka menghindari hutang pendidikan, Anda juga mengaturnya untuk kebebasan finansial!

Investasi Real Estat
Rumah Anda harus menjadi bagian dari rencana Anda untuk kebebasan finansial, bukan sesuatu yang menghalangi Anda untuk mencapainya. Itulah mengapa sangat penting untuk membuat keputusan bijak tentang jenis rumah yang Anda beli dan bagaimana Anda memilih untuk membiayainya. Jika Anda membeli rumah yang merupakan investasi yang baik, itu akan terus tumbuh nilainya seiring berjalannya waktu.

Setelah Anda menginvestasikan 15% dari penghasilan Anda ke dalam rekening pensiun, Anda harus menggunakan uang tambahan yang masuk untuk membayar rumah Anda. Lakukan itu dengan sepenuh hati! Menyingkirkan hipotek Anda adalah tonggak penting dalam perjalanan Anda menuju kemandirian finansial.

Bahkan tidak berpikir untuk memiliki properti sewaan sampai rumah Anda dibayar. Dan meskipun demikian, Anda hanya boleh berinvestasi dalam properti sewaan jika Anda mampu membayar tunai untuk properti itu dan Anda bersedia berurusan dengan segala kerumitan yang terlibat dalam proses penyewaan.

Investasi Kena Pajak
Ketika rumah Anda dibayar, Anda dapat berkontribusi lebih dari 15% dari pendapatan Anda untuk investasi. Tetapi sebelum Anda beralih ke investasi kena pajak, pastikan Anda memanfaatkan semua peluang investasi bebas pajak.

Jika Anda siap untuk pindah ke akun kena pajak, tetap dengan pendekatan investasi sederhana dan bekerja dengan literasi keuangan Anda untuk memilih reksa dana saham pertumbuhan yang baik dengan sejarah panjang kinerja di atas rata-rata.

Ketika Anda berinvestasi di luar rekening pensiun yang bebas pajak, Anda akan membayar pajak atas uang yang Anda investasikan. Anda juga harus siap membayar pajak atas capital gain dan dividen yang memenuhi syarat. Tetapi memilih reksa dana dengan tingkat turnover rendah dapat membantu Anda meminimalkan dampak pajak.

Investasi Pertanian: Bangkitnya Agripreneur
Pertanian menyumbang 60% dari pekerjaan di Afrika dan sebagian besar pekerjaan dilakukan oleh perempuan. Jaringan Agribisnis Wanita Afrika (AWAN) yang berbasis di Kenya bekerja di 27 negara di seluruh benua untuk memberi perempuan akses kredit untuk meningkatkan pertanian dan meningkatkan produksi.

Di Ghana, sebuah organisasi bernama Guzakuza membantu para petani perempuan untuk menciptakan pekerjaan dan menghasilkan makanan sehat untuk komunitas mereka. Sementara di Tanzania, Nigeria dan Ethiopia, kampanye Pahlawan Pangan yang didukung Oxfam menyampaikan pesan dengan proyek-proyek termasuk acara reality show pertanian yang menarik jutaan pemirsa.

Khas generasi baru petani adalah Richard Nunekpeku, pendiri Anyako Farms Ghana. Dia berhenti dari pekerjaannya yang bergaji tinggi di Samsung pada 2013 untuk mendirikan koperasi pertanian yang menggunakan teknologi untuk mengelola irigasi dan panen. “Kita harus membuat pertanian menjadi seksi,” sesama petani agripreneur asal Ghana Emmanuel Ansah-Amprofi baru-baru ini mengatakan kepada The New York Times.

Di beberapa bagian dunia, petani dipandang dengan hormat dan mengolah tanah dipandang sebagai perdagangan terhormat. Tetapi di daerah di mana sebagian besar pertanian masih untuk subsisten - mengandalkan cutlass, cangkul dan harapan untuk pertanian hujan adalah sinonim untuk kemiskinan. Tetapi, Sem Farm adalah salah satu dari sejumlah orang yang berpendidikan tinggi yang berjuang melawan stigma dengan berupaya memprofesionalkan pertanian. Kami menerapkan pendekatan ilmiah dan aplikasi online pengumpul data tidak hanya untuk meningkatkan hasil, tetapi untuk menunjukkan bahwa pertanian bisa menguntungkan.

Menyingsingkan lengan baju dan konvensi bucking, beberapa petani muda bahkan para pensunan (pensiun dini) telah meninggalkan pekerjaan yang nyaman. Mereka adalah orang-orang yang cenderung memiliki sarana untuk menyewa atau membeli sebidang tanah yang luas, dan siap menderita kerugian. Mereka sering memiliki sedikit pelatihan tentang cara membesarkan anak ayam sampai mengolah tanah belajar sendiri dari video YouTube. Tetapi menggarisbawahi pekerjaan mereka adalah perasaan bahwa apa yang dipertaruhkan adalah masa depan ekonomi dunia khususnya Negara berkembang yang masih signifikan penduduknya hidup dari pertanian.

Kami benar-benar marah dengan negara kami, terutama IPB dan Fakultas Pertanian semua Universias Negeri. Bagaimana kita bisa mengimpor sayuran dan buah sebanyak ini, dan memiliki banyak pemuda di jalanan yang memilih terpaksa menjadi perusuh? Bagaimana kita bisa memiliki semua tanah ini, cuaca bagus, banyak genangan air, tetapi kita masih mengimpor bawang? Seberapa sulitkah bertani?

Pengalaman para agripreneurs seluruh dunia … memulai usaha  pertanian menanam berbagai buah dan sayuran, dan juga membantu menemukan teknologi tepat guna berbahan lokal, aplikasi yang memungkinkan petani yang pernah menggarap dengan tangan mencari dan membeli atau menyewa traktor yang dapat disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Dengan latar belakang korporasi, kami memulai, memanfaatkan hasil penelitian tanah dan pupuk, dan berinvestasi dalam irigasi berteknologi tinggi.

Sebuah ledakan dalam teknologi yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas membantu membuat pertanian lebih modern dan menguntungkan. Pemasaran yang lebih mudah secara online. Jumlah start-up teknologi pertanian di seluruh dunia telah tumbuh secara signifikan dalam sepuluh tahun belakangan ini. Tidak atau sangat membatasi menggunakan pestisida di kebun, menanam sayuran yang saling menguntungkan dalam satu plot.

SEM FARM saatnya melangkah ke tingkat komersial: membutuhkan mitra yang memiliki panggilan yang sama. Menekankan keamanan dana bersamaan melipatgandakan investasi, menjadi pilihan seksi bagi investasi Anda. Silahkan pelajari lebih lanjut … klik disini https://lemsakti.blogspot.com/p/invest-in-frming.html

Langkah # 6: Aktiflah dalam Perjalanan Anda menuju Kemandirian Finansial
Membuat keputusan investasi yang tepat adalah langkah pertama, tetapi tetap selaras dengan kinerja dana Anda sangat penting untuk mendapatkan hasil maksimal dari investasi Anda. Mengatur investasi Anda secara autopilot bukanlah strategi investasi.

Tetapi gagasan untuk secara aktif membuat keputusan tentang investasi Anda mungkin terasa luar biasa. Jika terasa seperti itu bagi Anda, Anda tidak sendirian. Buat keputusan tentang strategi investasi Anda. Seimbangkan kembali dana Anda secara teratur sehingga Anda meminimalkan risiko Anda. Buat rencana realistis untuk seperti apa kemandirian finansial bagi Anda. Ketahui opsi investasi apa yang Anda miliki di luar rekening pension. Tetapkan rencana penarikan untuk situasi spesifik Anda. Ingat, perjalanan menuju kemandirian finansial adalah maraton, bukan lari cepat.

PENGAJARAN YESUS TENTANG UANG

LUKE 16:11
Bagi sebagian orang, ini mungkin tampak seperti hukuman bagi orang yang hanya memiliki satu talenta. Namun, itu benar-benar ujian untuk melihat bagaimana masing-masing mengelola apa yang diberikan kepada mereka. Karena karyawan yang menggandakan uang mereka membuktikan bahwa mereka mampu, masuk akal bagi manajer untuk memberinya lebih banyak untuk dikelola. Tuhan tidak akan memberi kita lebih dari yang bisa kita tangani. Sama seperti kita tidak akan memberikan palu pada balita kita, Tuhan tidak akan memberikan apa pun yang dapat membahayakan kita sampai kita membuktikan bahwa kita mampu mengatasinya.

Matthew 17: 27; 22:17.
Jawaban akhir Yesus memberi kepada Kaisar apa yang menjadi milik Kaisar dan memberikan kepada Allah apa yang menjadi milik Allah. Kehidupan kita di bumi membutuhkan pemerintahan dan uang. Kehidupan kita di sorga membutuhkan Yesus. Kita hidup membutuhkan uang dan Yesus.

LUKE 14: 28-30
Ini bukan keadaan sulit yang Tuhan inginkan untuk melibatkan anak-anak-Nya. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk bertanggung jawab secara finansial untuk merencanakan pembelian dan penghasilan Anda. Tuhan benar-benar menginginkan yang terbaik untuk kita. Dan apakah kita suka atau tidak, salah satu kunci untuk menjadi pelayan yang baik adalah mengelola uang dengan bijak dan itu membutuhkan mengetahui ke mana ia pergi dan mengatakan apa yang harus dilakukan membuat dan melaksanakan anggaran.

Yesus mengajarkan bahwa penggunaan uang secara sah adalah untuk mendukung pekerjaan Tuhan melalui lembaga-lembaga agama yang didirikan Tuhan (Matius 23:23; Markus 12: 41-44; Lukas 8: 1-3). Dalam Perjanjian Lama, itu adalah tabernakel dan bait suci; pada zaman Yesus, itu adalah kuil Herodes; di gereja kita, ini adalah gereja lokal. Perintah TUHAN untuk membawa persepuluhan dan persembahan tidak didasarkan pada seberapa kudusnya para imam (Maleakhi 2 dan 3; Markus 11: 15-18) atau, pada zaman kita, apakah kita menyukai pendeta atau tidak. Itu didasarkan pada ketaatan dan menyerah kepada Yang Mulia atas semua yang kita miliki. Tuhan tahu bagaimana menghadapi para imam yang tidak taat (1 Samuel 2: 12-36; 3:13; 4: 11-18).

Yesus mengajarkan bahwa kita harus membayar pajak kita (Matius 17: 24-27; 22: 17-22). Caesar adalah kaisar dari rezim yang menindas; tetapi para pengikutnya, dulu dan sekarang, dipanggil untuk menunjukkan rasa hormat kepada penguasa yang berkuasa dalam hal-hal yang tidak melanggar panggilan Kristen kita untuk menjadi saksinya (bandingkan Kisah Para Rasul 4: 18-19 dan Roma 13: 1-8).

Yesus mengajarkan bahwa kita hendaknya menggunakan sumber daya keuangan kita untuk membantu orang miskin dan yang membutuhkan melalui kebajikan (Lukas 10: 29-37; 18: 18-25; bandingkan Yakobus 2: 15-17) dan dukungan misi / pelayanan (Lukas 8: 1- 3; 10: 1-9). Di Indonesia, untuk mendapatkan manfaat pajak Anda dapat memperoleh fasilitas dari LEMSAKTI.

Matius 5:42
Mengapa itu meresahkan: Seperti banyak komentar Yesus, tidak ada nuansa di sini. Untuk meruntuhkan pembenaran yang mungkin digunakan orang untuk memaafkan keegoisan mereka sendiri, Yesus membuat pernyataan yang tampaknya hiperbolik. Lagi pula, bagaimana kita bisa memberi kepada semua orang yang meminta dari kita? Sekarang ketika dihadapkan dengan kebutuhan atau permintaan bantuan keuangan, para pengikut Yesus dihadapkan dengan harapan yang sangat jelas dan kuat, membuat kebutuhan orang lain jauh lebih sulit untuk diabaikan.

Matius 6: 2
Mengapa itu meresahkan: Sepertinya memberi secara rahasia akan mudah, tetapi tidak. Kita semua rusak dengan keinginan agar orang lain berpikir baik tentang kita. Memberikan sumber daya kita kepada mereka yang membutuhkan tanpa gembar-gembor sebenarnya adalah dua pengorbanan: pengorbanan finansial dan pengorbanan pujian berikutnya. Yesus menjanjikan kita hadiah tetapi memberi kita pilihan untuk mengumpulkan langsung dari teman-teman kita atau dari-Nya di masa depan. Dibutuhkan iman yang tulus untuk memilih yang terakhir.

Matius 6: 19–21
Mengapa itu meresahkan: Ini hanyalah cara asing untuk berpikir tentang sumber daya kita. Harta yang diletakkan bagi kita di bumi mewakili keamanan dan keselamatan. Gagasan menggunakan keuangan kita untuk memfasilitasi pekerjaan Tuhan dan menyimpan harta di surga sangat menggugah dan menginspirasi, tetapi itu masih membutuhkan lompatan iman. Ini adalah implikasi mendalam bahwa cara kita menggunakan kekayaan kita berdampak pada hati kita. Jika kita menyimpan uang karena kita khawatir dengan keamanan kita, itu hanya akan mengobarkan kecemasan itu. Sewaktu kita meningkatkan iman untuk memberi lebih bebas, kita pada akhirnya menjadi lebih berpikiran rohani.

Matius 13:18, 22
Mengapa itu meresahkan: Di sepanjang pelayanan Kristus, Ia memperingatkan murid-murid-Nya tentang kekayaan. Bahkan, Ia memberi tahu mereka bahwa unta lebih mudah melewati lobang  jarum (pintu kecil di tembok dinding Yerusalem) daripada bagi orang kaya untuk memasuki kerajaan Allah (Matius 19:24). Ini bukan karena kesejahteraan secara intrinsik buruk; itu karena sifatnya yang menipu. Dalam perumpamaan tentang penabur, Yesus menyebutkan tiga cara Injil diancam oleh orang:
ü  Mereka yang memiliki Firman yang diambil dari mereka oleh musuh sebelum dapat berakar.
ü  Mereka yang imannya tidak memiliki stamina untuk menanggung kesulitan.
ü  Mereka yang imannya tersumbat oleh tipu daya kekayaan dan kepedulian duniawi.
ü  Sungguh luar biasa menyadari bahwa bahaya yang terkait dengan keuangan dan properti merupakan salah satu dari tiga hambatan terbesar bagi iman kita.

Wahyu 3:17
Mengapa itu meresahkan: Kekayaan berpotensi untuk membutakan kita terhadap kebutuhan sejati kita. Ketika kita memiliki akses ke modal, banyak frustrasi dan kekhawatiran hidup dapat dikurangi. Ini tidak buruk — kecuali jika hal itu mengurangi kesadaran akan kondisi kita yang sebenarnya. Yesus mengucapkan kata-kata ini kepada gereja di Laodikia. Penting untuk menyadari bahwa tipu daya kekayaan tidak hanya berlaku untuk individu — ia juga memiliki implikasi kelompok. Kekayaan membuat gereja Laodikia sama sekali tidak menyadari kekurangannya yang mencolok. Ini harus memberi kita semua jeda yang serius.

Uang tidak netral.
Tidak ada keraguan bahwa uang dapat membawa nilai bagi kerajaan Allah. Kekayaan bisa menjadi aset luar biasa di tangan umat beriman. Tapi kita juga harus sadar akan bahayanya. Jika kepercayaan dan keamanan kita tidak ditemukan hanya pada Tuhan, kita rentan terhadap penipuan kekayaan.  Tuhan peduli dengan keuangan kita dan tentang bagaimana kita menggunakan uang kita.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar