LEMSAKTI adalah lembaga yang dibentuk/disahkan oleh Pemerintah untuk mengelola sumbangan keagamaan yang dapat dikurangkan dari penghasilan bruto dalam perhitungan pajak penghasilan

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 36 TAHUN 2008 TENTANG PERUBAHAN KEEMPAT ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 1983 TENTANG PAJAK PENGHASILAN

Pasal 9 ayat (1) Untuk menentukan besarnya Penghasilan Kena Pajak bagi Wajib Pajak dalam negeri dan bentuk usaha tetap tidak boleh dikurangkan:

g. harta yang dihibahkan, bantuan atau sumbangan, dan warisan ... , kecuali... sumbangan keagamaan yang sifatnya wajib bagi pemeluk agama yang diakui di Indonesia, yang diterima oleh lembaga keagamaan yang dibentuk atau disahkan oleh pemerintah, yang ketentuannya diatur dengan atau berdasarkan Peraturan Pemerintah;

Minggu, 18 Agustus 2019

DICIPTAKAN


DICIPTAKAN

Kepadaku, yang paling hina di antara segala orang kudus, telah dianugerahkan kasih karunia ini, untuk memberitakan kepada orang-orang bukan Yahudi kekayaan Kristus, yang tidak terduga itu, dan untuk menyatakan apa isinya tugas penyelenggaraan rahasia yang telah berabad-abad tersembunyi dalam Allah, yang menciptakan segala sesuatu, 10 supaya sekarang oleh jemaat diberitahukan pelbagai ragam hikmat Allah kepada pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa di sorga, 11 sesuai dengan maksud abadi, yang telah dilaksanakan-Nya dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.  (Ef. 3: 8-11).

Saya terus kagum dengan Paulus dan keyakinannya pada misi pelayanannya. Kita tahu dia orang yang rendah hati dengan membaca apa yang dia tulis dan ceritanya yang bercerita tentang dia. Dia selalu memuji rahmat Tuhan sebagai sumber kesuksesannya.

Saya sering berharap bahwa saya percaya diri dan tabah dalam pelayanan saya kepada Tuhan, tetapi terkadang saya menjadi plin-plan tentang bagaimana saya mengukur. Ya, saya tahu betul
bahwa membandingkan diri saya dengan orang lain tidak menguntungkan siapa pun dan sebenarnya menghambat pekerjaan saya untuk Kerajaan. Tapi harus diakui, semangat saya bisa kabur kebingungan kalau mendengarkan komentar orang lain. Mungkin Anda pernah mengalami ini juga.

Sebagai seorang anak, salah satu kegiatan sekolah favorit saya adalah melakukan dot-to-dots.
Guru akan membagikan makalah tanpa apa-apa selain serangkaian dari titik-titik bernomor. Kami akan mengambil pensil kami dan dengan hati-hati menghubungkan titik-titik tersebut sesuai dengan angka. Akhirnya, sebuah gambar akan muncul. Jika benar terhubung, gambar binatang atau orang akan muncul.

Ide gambar tersembunyi sangat mirip dengan kehidupan spiritual kita. Kita semua punya keadaan yang berbeda, peristiwa kehidupan dan orang-orang yang datang dan pergi, tampaknya sembarangan. Terkadang, kita bertanya kepada Tuhan, Mengapa saya harus mengalami sesuatu yang mengerikan seperti itu? Atau apa gunanya orang ini dalam hidup saya? Jawabannya mungkin tersembunyi bagi kita saat itu (kadang-kadang selamanya), tetapi mereka bukan misteri bagi orang yang menciptakan kita.

Hidup ini berantakan. Tetapi pengalaman Anda tidak seperti titik sembarangan di halaman kertas (meskipun mereka sering merasa seperti itu). Sebagai gantinya, mereka dirancang dengan hati-hati oleh seorang artis ilahi.

Paulus adalah pilihan Allah yang sempurna untuk misi-Nya. Kehidupannya sebelum melayani Yesus adalah persiapan untuk hidupnya bersama Yesus. Hal yang sama berlaku untuk kita. Kebijaksanaan Tuhan bermacam-macam, yang artinya multi-sisi dan beragam. Dan kebijaksanaan-Nya diaktifkan melalui Gereja (itu kita) untuk membawa cahaya dan membuat misteri dan pesan Kristus dikenal ke dunia.

Gambaran, rencana, dan tujuan yang lengkap selalu ada bahkan jika kita tidak bisa melihatnya. Namun, menemukan panggilan pribadi dan unik kita membutuhkan kerja keras kita, seperti berusaha menemukan bentuk yang sesuai dengan menghubungkan titik-titik pada lembaran kehidupan kita.

Panggilan umum dan panggilan pribadi berbeda. Secara umum, kita dipanggil untuk meyakini dan menaati Perintah/Amanat Agung  Yesus: menjadikan seluruh bangsa muridNya, dengan cara menjadi murid yang memuridkan.

Panggilan pribadi adalah cara unik Dia telah menciptakan kita untuk mencapai tujuan-Nya membawa Kristus ke dunia, dengan keahlian khusus kita, dimana kita hidup, bekerja, belajar dan bermain.

Saat ia menjelaskan dalam bukunya, More, penulis Todd Wilson, mengatakan, “Pekerjaan Tuhan
di dalam kita bukan hanya menyelamatkan kita dari jurang maut. . . ini tentang dipanggil ke tujuan penciptaan kita. Dia memanggil kita kepada diri-Nya untuk menemukan kembali siapa kita sebenarnya.”

Tuhan telah menciptakan rencana pribadi untuk hidup Anda dan panggilan yang dirancang secara unik oleh Dia, khusus untuk diri Anda.
Apakah Anda siap untuk menghubungkan titik-titik membuat lembaran kehidupan Anda menjadi terlihat dengan nyata dan indah? Kalau sudah puji Tuhan. Kalau Anda ingin, tetapi membutuhkan bantun Saudara seiman, kami siap menjadi mentor yang meng-Coach Anda. Silahkan sampaikan keinginan Anda melalui FORMULIR KONTAK … di sebelah kanan.


TAMBAHAN PEMBAHASAN NATS (Untuk dewasa rohani)

Efesus 3: 8 Bagi saya yang kurang (paling hina) dari semua orang kudus.

Ini adalah contoh dari kerendahan hati rasul yang agung. Orang-orang kudus terbesar umumnya berbicara dengan jiwa yang paling rendah hati. Contohnya: Abraham, Yakub, Musa, Daud, dan lainnya. Ini cara memiliki pikiran paling kejam tentang diri mereka sendiri, dan yang terbaik dari yang lain. Mereka bersukacita dalam kasih karunia Allah yang dinyatakan kepada orang lain.  Mereka bersedia menerima instruksi, bahkan peringatan, dari orang yang paling beriman.  Mereka memiliki pendapat paling sedikit tentang pekerjaan mereka sendiri. Mereka merupakan pengagum terbesar anugerah Allah; dan yang paling pasrah tunduk kepada kehendak kedaulatan Allah.

Alasan kerendahan hati mereka yang besar adalah, karena mereka memiliki penemuan terbesar dari cinta dan kasih karunia Allah dan Kristus, yang memiliki jiwa yang merendahkan hati. Mereka adalah yang paling masuk akal dari keberdosaan mereka sendiri, keburukan, dan ketidaklayakan, yang membuat mereka rendah dalam pandangan mereka sendiri. Mereka biasanya yang paling menderita dengan godaan Setan. Mereka menderita untuk menghadirinya, jangan sampai mereka ditinggikan di atas ukuran. Mereka adalah jiwa yang paling berbuah, dan dahan yang sarat dengan buah paling rendah. Mereka adalah yang paling sesuai dengan Kristus, yang lemah lembut dan rendah hati. Ungkapannya tampaknya Yahudi: ada satu "si kecil", yang disebut demikian, konon, karena dia  "yang paling tidak suci". Tetapi rasul menggunakan lebih banyak lagi kata kecil, dan menyebut dirinya lebih sedikit dari mereka. Paulus menambahkan, rahmat ini diberikan; yaitu, karunia kasih karunia, seperti sebelumnya, karunia pelayanan.

Bahwa saya (Paulus) harus berkhotbah di antara orang-orang bukan Yahudi tentang kekayaan yang tidak terduga dari Kristus. Kekayaan Kristus, seperti Tuhan, terletak pada kesempurnaan sifatnya, dalam karya tangannya, dalam kerajaan dan kekuasaannya atas semua, dan dalam pendapatan kemuliaan, yang dihasilkan dari sana. Kekayaan ini diremehkan dan tidak dapat dikomunikasikan, dan tidak dapat terlukiskan, ya tak terbayangkan.

Kekayaannya Kristus, sebagai Mediator, terletak pada pribadi-pribadi yang terpilih, dalam anugerah yang diletakkan di dalam dirinya untuk mereka. disebut kekayaan anugerah. Dalam warisan yang ia miliki untuk mereka, yang disebut kekayaan kemuliaan. Hal-hal yang kaya ini dapat dikomunikasikan, juga solid, memuaskan, dan abadi. Mereka tidak dapat ditelusuri oleh manusia duniawi. Tidak dapat sepenuhnya diselidiki oleh orang percaya sendiri. Mereka akan menceritakan kepada keabadian.

Mereka akan tampak tidak dapat ditelusuri, ketika itu dianggap apa yang telah mereka dapatkan, dan berkat apa yang telah diberikan menurut mereka. Betapa besar keluarga yang telah dipertahankan oleh Kristus oleh mereka. Betapa kaya dan sepenuhnya dia telah menyediakan bagi mereka, dan untuk kehormatan dan keagungan apa dia membesarkan mereka semua. Sekarang merupakan rahmat yang luar biasa untuk memasukkan rasul dengan pelayanan seperti itu. Memasukkan harta tersebut ke dalam bejana tanah liat (Roh Kristus ke dalam jiwa yang mendiami tubuh orang kudus, Bait Roh Kudus). Itu adalah anugerah besar yang memenuhi syarat baginya untuk itu. Merupakan anugerah besar khususnya bagi bangsa-bangsa lain. Ia harus ditunjuk untuk menerbitkan ini di antara mereka. Karena itu rasul menghargainya, dan dia sendiri tidak layak mendapatkan kehormatan seperti itu.

Efesus 3: 9 Dan untuk membuat semua orang melihat apa Misteri persekutuan itu.

"Dispensasi misteri" seperti Complutensian, dan beberapa salinan, dan versi Vulgata Latin dan Syria. Misteri adalah Injil. Persekutuan itu adalah komunikasi anugerah olehnya. Suatu partisipasi dari kebenaran dan doktrinnya. Persekutuan dengan Bapa, Anak, dan Roh, yang dipanggil dan dituntun oleh Injil. Kepedulian dan minat yang sama yang dimiliki baik oleh orang Yahudi maupun orang bukan Yahudi. Milik dalam hak istimewa itu. Sekarang manusia secara alami dalam kegelapan tentang hal-hal ini. Pelayanan firman adalah sarana untuk menerangi mereka.

Merupakan desain besar dari itu. Para menteri Injil melakukan pencerahan secara instrumental, meskipun hanya Allah yang melakukannya secara efisien. Untuk ini, karunia-karunia kasih karunia diberikan kepada rasul, bahkan untuk pencerahan semua manusia, setiap orang di dunia. Beberapa dari segala macam, terutama orang bukan Yahudi, juga orang Yahudi. Kata (pantav), diterjemahkan "semua orang", ditinggalkan dalam salinan Aleksandria.

Yang sejak awal dunia telah bersembunyi di dalam Allah;

Di dalam hati Allah, dalam nasihat dan perjanjianNya. Menunjukkan sumber asli dan Injil. Mengungkapkan kekayaan dan nilai dari Injil, serta keamanan dan kerahasiaannya. Di sini tersembunyi dalam beberapa ukuran dari para malaikat pilihan. Dari orang-orang kudus Perjanjian Lama, dan sama sekali dari manusia alami. Terutama dari bangsa-bangsa lain, yang masa-masa ketidaktahuannya mengedipkan mata padanya, atau mengabaikan. Ini disimpan begitu dari masa lalu, dari awal waktu, sampai sekarang. Diletakkan di dada Allah dari segala kekekalan. Karena itu ditahbiskan (diproklamasikan, diumumkan, diviralkan) di hadapan dunia untuk kemuliaan bangsanya.

Apa yang dikatakan rasul tentang Injil, kata orang Yahudi tentang hukum, bahwa itu disembunyikan dan disimpan dua ribu tahun sebelum dunia diciptakan. Berabad-abad sebelum penciptaan dunia itu ditulis dan ditinggalkan, (hb'qh lv wqyxb), "di pangkuan Allah". Dia di sini digambarkan, seperti dia yang menciptakan segala sesuatu dengan Yesus Kristus. Bukan sebagai instrumen, tetapi sebagai penyebab co-efisien. Ini harus dipahami, bukan dari ciptaan baru, tetapi dari yang lama. Semua hal di dalamnya; karena tanpa Kristus, bukan sesuatu yang dibuat. Ungkapan, "oleh Yesus Kristus", ditinggalkan dalam salinan Alexandrian dan Claromontane, dan dalam versi Vulgata Latin, Syria, dan Ethiopia.

Efesus 3:10 Untuk maksud yang sekarang ke pemerintah dan penguasa di tempat-tempat surgawi.

Dengan siapa yang dimaksudkan, bukan hakim sipil, apalagi malaikat jahat, tetapi malaikat yang baik, malaikat di surga; (Lihat Gill tentang Efesus 1:21). Dikenal oleh gereja sebagai kebijaksanaan Tuhan yang berlipat ganda. Bukan kesempurnaan kebijaksanaan, atau kebijaksanaan Tuhan Yesus Kristus, atau Kitab Suci yang kudus; tetapi Injil, yang merupakan hasil murni dari hikmat Allah. Ditampilkan dengan indah dalam beberapa doktrinnya. Dalam pemilihan. Dalam memilih orang-orang di dalam Kristus untuk keamanan pribadi mereka. Dalam menemukan itu bukan atas pekerjaan mereka, tetapi anugerah-Nya sendiri, untuk keamanan tujuan-Nya. Dalam menyapa orang-orang seperti yang Dia miliki, untuk memperbesar rahmatnya. Dalam penebusan, yang terlihat dalam pribadi Penebus, yang adalah Allah dan manusia.

Dengan cara bagaimana hal itu dilakukan, baik untuk kemuliaan kasih karunia dan kemurahan Allah. Untuk kehormatan keadilan dan kekudusan-Nya. Di mana Setan dipermalukan, dosa dihukum, dan orang berdosa diselamatkan. Di dalam pembenaran, di mana orang berdosa menjadi adil dengan Allah.
Allah itu adil, namun pembenaran orang yang percaya; orang fasik dibenarkan, namun tidak dibenarkan dalam kefasikannya, tetapi dari kefasikannya. Dalam pengampunan dosa, di mana kejahatan diampuni, namun pembalasan diambil atas penemuan-penemuan manusia. Itu adalah tindakan belas kasihan, namun keadilan. Itu karena harga, namun dari anugerah gratis. Sejenisnya dapat diamati dari semua doktrin Injil lainnya. Itu dapat disebut "bermacam-macam", karena berbagai doktrin dan janji-janji. Karena berbagai contoh kebijaksanaan di dalamnya.

Berbagai yang diketahui orang. Berbagai waktu di mana ia ditampilkan. Sekarang di bawah Injil ini dikenal lebih jelas. Diketahui oleh para malaikat oleh gereja Allah. Melalui pelayanan firman di dalamnya, di mana para malaikat hadir, yang berhasrat untuk melihat dengan lebih rajin ke dalam misteri-misteri itu. Dengan mempertunjukkan kebijaksanaan dan kasih karunia Allah kepada gereja dan umat-Nya.

Efesus 3:11 Menurut tujuan kekal

Seluruh keselamatan, di mana ditampilkan kebijaksanaan agung Allah, sesuai dengan tujuan-Nya. Skema itu ditetapkan dalam dewan perdamaian. Dewan sendiri dipengaruhi untuk mencapai keselamatan orang berdosa. Kristus, sang Penebus, dinyatakan di dalamnya. InkarnasiNya, waktu kedatangannya ke dunia, penderitaan dan kematiannya, dengan segala keadaan mereka, ditentukan oleh Allah.

Orang-orang yang untuknya Kristus berinkarnasi, menderita, dan mati, diangkat untuk keselamatan olehNya. Penerapannya sesuai dengan tujuanNya. Waktu peristiwa penyelamatan, tempat di mana, dan cara-cara di mana jiwa dipertobatkan, semuanya menetap dalam dekrit Allah. Injil itu sendiri. Pemberitaannya oleh orang-orang ini dan itu. Penggunaannya untuk membuat manusia melihat misteri rahmat, dan persekutuan mereka, dan untuk memberitahukan hal-hal ini kepada para malaikat surga.

Semuanya sesuai dengan tujuan ilahi. Tujuan ini kekal, atau ada dalam pikiran Allah dari segala kekekalan. Tidak ada kehendak baru yang dapat muncul dalam diriNya. Tidak ada tujuan, resolusi, atau keputusan yang dapat dibuatNya tepat waktu yang tidak ada di dadaNya karena kekekalan. Tujuannya mengenai keselamatan manusia haruslah kekal. Dewan perdamaian diadakan, perjanjian damai dibuat, janji kehidupan diberikan. Orang-orang ditetapkan untuk diselamatkan. Seorang Juru Selamat diangkat untuk mereka. Rahmat, dan berkat-berkat itu diberikan ke tanganNya sebelum dunia dimulai.

Yang Dia maksudkan dalam Kristus Yesus, Tuhan kita;
Konstitusi itu ada di dalam dirinya. Allah ada di dalam Kristus yang menyusun skema keselamatan. Mata tertuju padaNya, pikiranNya terpusat pada diriNya. Di dalam Dia semua janjiNya. Berkat-berkat rahmat dirancang dan disediakan bagi umatNya. Pelaksanaan tujuan ini adalah milikNya. Beberapa orang merujuk pasal ini kepada gereja (Efesus 3:10) yang telah dibuatNya dalam Kristus, atau oleh Kristus, telah dibangun di atasNya, dan dipersatukan denganNya. Yang lainnya, dengan beragam kebijaksanaan Allah yang diperlihatkan dalam Kristus, yang adalah kebijaksanaan Allah. Di mana semua harta kebijaksanaan dan pengetahuan disembunyikan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar