LEMSAKTI adalah lembaga yang dibentuk/disahkan oleh Pemerintah untuk mengelola sumbangan keagamaan yang dapat dikurangkan dari penghasilan bruto dalam perhitungan pajak penghasilan

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 36 TAHUN 2008 TENTANG PERUBAHAN KEEMPAT ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 1983 TENTANG PAJAK PENGHASILAN

Pasal 9 ayat (1) Untuk menentukan besarnya Penghasilan Kena Pajak bagi Wajib Pajak dalam negeri dan bentuk usaha tetap tidak boleh dikurangkan:

g. harta yang dihibahkan, bantuan atau sumbangan, dan warisan ... , kecuali... sumbangan keagamaan yang sifatnya wajib bagi pemeluk agama yang diakui di Indonesia, yang diterima oleh lembaga keagamaan yang dibentuk atau disahkan oleh pemerintah, yang ketentuannya diatur dengan atau berdasarkan Peraturan Pemerintah;

Selasa, 27 Agustus 2019

MELEKAT


MELEKAT

11 Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar, 12 untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus, 13 sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus, 14 sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan, 15 tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala. 16 Dari pada-Nyalah seluruh tubuh, --yang rapih tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya, sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota--menerima pertumbuhannya dan membangun dirinya dalam kasih.  (Ef. 4: 11-16).

Paulus memberi tahu kita bahwa Gereja Allah diorganisasi untuk kepenuhan. Sekali lihat  kalimat sangat panjang dalam bagian di atas menjelaskan bagaimana dan mengapa struktur organisasi playanan Gereja disusun. Dalam pelayanan, akronim untuk struktur berlipat lima (gereja tertentu terbiasa dengan isilah “lima jawatan”) ini dikenal sebagai APEST, yang merupakan singkatan dari Apostles, Prophets, Evangelists, Sheperd (Gembala) dan Teacher (Master, Guru).

Dalam buku mereka, Made for More: Enam Pergeseran Penting untuk Menciptakan Budaya Mobilisasi, penulis Todd Wilson dan Rob Wegner memecah kekuatan fungsional dari jenis pelayan ini:

1.      Rasul - Merintis, mengirim, memperluas, dan berwirausaha.
2.      Nabi - Mempertanyakan sistem kekuasaan, mencari keadilan, mengkritik misi melayang (mengambang) dan melindungi yang terpinggirkan.
3.      Evangelist - Menjangkau, termasuk pencari, memproklamirkan Injil dan termasuk orang baru.
4.      Shepherd - Memelihara, merawat, dan kesehatan komunitas.
5.      Guru - Ajaran yang kuat, pengajaran yang jelas, proses dan sistem yang efektif, dan nilai-nilai yang kuat.

Apakah Anda mengenali salah satu dari kekuatan ini dalam diri Anda?
Apakah gereja lokal tempat Anda bergabung menerapkan struktur yang memiliki ke-5 jabatan di atas?

Sebagian besar dari kita tidak dipanggil ke dalam pelayanan kejuruan (5 jabatan gerejawi di atas) dan tidak akan pernah ada.
Alih-alih, kita melayani di semua area tempat kita tinggal, bekerja, belajar, dan bermain. Tapi seperti yang diingatkan Efesus 4: 11-13 pada kita, kita semua memiliki bagian untuk dimainkan dalam membangun tubuh Kristus. Para pemimpin kita ada di sana untuk membantu kita, para kudus, bersiap untuk layanan.

Penulis dan guru Alan Hirsch sering berbicara dan menulis tentang APEST, banyak berfokus pada pemberian Rasul. Dengarkan apa yang dia katakan tentang ekspresi Yesus di dunia dan bagian kita dalam hal itu: “Bermainlah dengan gambar tubuh untuk sementara. Tubuh adalah perwujudan. Penginjil Jerman Dietrich Bonhoeffer berkata, ‘Gereja adalah satu-satunya tempat di dunia di mana Yesus Kristus sedang mengambil bentuk."

Hirsch melanjutkan: "Itu tidak terjadi di tempat lain. Dia telah memilih orang-orang tertentu untuk menjadi ekspresi konkret tentang siapa Dia, melekat kepada Dia sebagai Tuhan kita. Dia yang membimbing kita."

Kita melekat pada Kristus yang telah mengatur kita supaya menjadi dewasa. Juga kita membawa diri kita (dengan segenap hati, upaya dan tenaga) ke dalam kepenuhan Dia.

ü  Bagaimana Anda hidup dalam karunia rohani Anda?
ü  Bagaimana mengetahui Anda melekat kepada Yesus untuk membantu Anda hidup dipenuhi dan dicurahkan kepada orang lain?

Melekat = dikaitkan = diikat = di-plugin = disatukan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar