LEMSAKTI adalah lembaga yang dibentuk/disahkan oleh Pemerintah untuk mengelola sumbangan keagamaan yang dapat dikurangkan dari penghasilan bruto dalam perhitungan pajak penghasilan

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 36 TAHUN 2008 TENTANG PERUBAHAN KEEMPAT ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 1983 TENTANG PAJAK PENGHASILAN

Pasal 9 ayat (1) Untuk menentukan besarnya Penghasilan Kena Pajak bagi Wajib Pajak dalam negeri dan bentuk usaha tetap tidak boleh dikurangkan:

g. harta yang dihibahkan, bantuan atau sumbangan, dan warisan ... , kecuali... sumbangan keagamaan yang sifatnya wajib bagi pemeluk agama yang diakui di Indonesia, yang diterima oleh lembaga keagamaan yang dibentuk atau disahkan oleh pemerintah, yang ketentuannya diatur dengan atau berdasarkan Peraturan Pemerintah;

Rabu, 14 Agustus 2019

PEKERJAAN MENGGESER 2


PEKERJAAN MENGGESER 2

Topik ini adalah hari kedua belas dalam renungan harian kita selama 36 hari sejak dua minggu (12 hari) lalu. Setiap hari ke enam, diulang dari hari pertama hingga hari ke enam, dalam enam minggu (6 x 6) judul renungan harian akan sama: pekerjaan menggeser. Fokus dari pekerjaan menggeser sesuai dengan tema pada minggu yang bersangkutan.

Pada tulisan ini fokus kita adalah: pekerjaan menggeser dari lebih banyak sukarelawan menjadi lebih banyak mahakarya. Artinya daripada meminta anggota jemaat menjadi pelayan sukarela di gereja Anda, mengerjakan apa yang sudah diprogramkan, lebih baik setiap orang melaksanakan pelayanan sesuai panggilan unik masing-masing. Tuhan menciptakan sesama manusia: sama-sama manusia; tetapi berbeda satu dengan yang lain: setiap orang unik.

Setiap orang akan maksimal berkontribusi jika melakukan sesuai panggilan uniknya. Gereja sudah gagal melihat setiap manusia unik. Gereja selama dua ribu tahun sudah korupsi, mengurangi tujuan “Maha Karya” Allah atas setiap orang menjadi “sukarelawan” yang melayani kehendak gereja. Gereja “memaksa” orang menyesuaikan dengan programnya sendiri, mengabaikan “Program Allah” yang seharusnya dikerjakan oleh setiap orang sesuai panggilan uniknya.  Ini terjadi karena gereja telah gagal memahami Alkitab sesuai dengan apa yang dimaksudkan oleh Penulis Alkitab itu sendiri. Gereja memanfaatkan Alkitab untuk memanipulasi anggota untuk memuaskan nafsu penafsiran dari pemimpin di gereja. Itu harus diubah. Itu harus digeser: kembali ke Program Allah.

Coba Anda simak kesaksian Larry Walkemeyer dalam Play Thuno: The World-Changing Multiplication Game.
Mark adalah penjual susu super-bintang. Ketika ia datang ke Light & Life, saya bertanya kepadanya, “Apakah Anda pernah mempertimbangkan untuk mengarahkan 'keterampilan orang-orang' Anda ke dalam pelayanan sepenuh waktu?” Dia pada dasarnya menjawab, “Saya senang menjual susu dan menghasilkan banyak uang.” Saya bertanya, “Maukah Anda membantu kami menanam gereja kami berikutnya, dan maukah Anda berdoa tentang masa depan Anda?” Dia setuju. Hari ini Markus pendeta sebuah gereja yang hidup. Saya yakin ada ribuan "Tanda" di luar sana — para pemimpin menunggu untuk ditemukan, diminta, untuk dikembangkan. Mereka hanya perlu mendekati para pemimpin yang menular dan sehat yang memiliki pola pikir pemberdayaan, multiplikasi, dan akan mengundang mereka untuk dengarkan arahan Tuhan dalam hidup mereka.

Teman saya, Guy, mengendarai taksi lokal untuk mencari nafkah. Sebagai seorang Kristen nominal, ia lebih tertarik pada tarif taksi daripada orang-orang yang menyediakannya. Namun, Guy mengalami perjumpaan dengan Roh Kudus yang menghasilkan pengapian hasrat untuk membagikan Injil kepada para penumpangnya. Segera, Guy memimpin pelajaran Alkitab dengan orang-orang yang baru bertobat dan tak lama kemudian menjadi pendeta mereka. Beberapa gereja lain sekarang telah dilahirkan karena kesediaan Guy untuk mempercayai Tuhan untuk menggunakan kehidupannya yang "biasa". Dia masih sesekali mengemudikan taksi.

Pemuridan adalah proses yang berkelanjutan dan terus berkembang. "Pekerjaan Menggeser" adalah tentang membuat perubahan kritis menuju pertumbuhan spiritual. Kita terus bertumbuh menjadi dewasa dalam Kristus. Seperti yang kita lakukan, diri kita yang lama - diri kita yang dipenuhi dengan dosa alami - hilang.

Pergeseran Pertama yang perlu kita buat adalah mengubah cara kita berpikir tentang Tuhan dan melihat Dia di mana pun kita tinggal, bekerja, belajar, dan bermain.

Bacalah pernyataan dan pertanyaan di bawah ini dan pikirkan masing-masing dengan penuh pertimbangan. Dalam jurnal atau buku catatan Anda, catat setiap pemikiran atau ayat tulisan suci yang berbicara kepada Anda.

Rob Wegner, pendeta yang mengajar di Gereja Keluarga Westside di Kansas City, mengatakan, "Sebagai Gereja, kita harus terobsesi dengan Yesus yang semakin besar dalam pikiran dan hati kita."

1.      Seberapa terobsesi Anda dengan Yesus? Nilai diri Anda pada skala 1 - 5, dengan 5 sebagai yang paling banyak dan 1 yang paling sedikit.
2.      Bukti apa yang akan mendukung Anda karena menyatakan "terobsesi pada Yesus"?
3.      Efesus 1: 3 memberi tahu kita bahwa kita adalah penerima dari setiap berkat rohani di tempat-tempat surgawi. Tuliskan semua berkat spiritual yang Anda sadari.
4.      Yesus lebih dari itu, dan kita diciptakan untuk lebih. Bagian mana dari hidup Anda yang memiliki lebih banyak Yesus?
5.      Dalam bidang kehidupan apa Anda membutuhkan lebih banyak Yesus?
6.      Seberapa baik Anda dalam mengungkapkan kepenuhan Yesus dalam setiap bidang kehidupan Anda?
7.      Sejauh ini, apa hal terbesar yang Tuhan lakukan untuk Anda?
8.      Ketika Anda memikirkan Kerajaan Kristus, gambaran apa yang muncul di benak Anda?
9.      Apa hal yang paling Anda takuti untuk lakukan ketika melayani Tuhan dan mengapa?
10.  Jika Anda bisa pergi ke mana saja di dunia untuk melayani Kristus, di manakah itu dan mengapa?

Apapun hasil dan jawaban Anda atas pertanyaan-pertanyaan di atas: yang penting persiapan diri Anda untuk disempurnakan oleh Roh Kudus. Belajar peka mendengar suara Roh Kudus … dan taati apa yang dikatakanNya kepada Anda. Dia Roh Penolong juga Kuasa Allah untuk mewujudkan kehendakNya di bumi.

Larry Walkemeyer dalam Play Thuno:
Seringkali teman-teman internasional saya yang telah memulai ratusan gereja tertawa ketika saya bertanya kepada mereka, "Apa langkah tepat yang Anda ikuti untuk menghasilkan gereja banyak seperti itu?" Saya ingin formula rahasia, peluru perak. Biasanya, mereka mengatakan sesuatu seperti, “Kalian orang Amerika selalu ingin mengurangi kekuatan Roh menjadi strategi. Anda tidak perlu lebih banyak strategi; Anda membutuhkan lebih banyak Roh."


Tidak ada komentar:

Posting Komentar