LEMSAKTI adalah lembaga yang dibentuk/disahkan oleh Pemerintah untuk mengelola sumbangan keagamaan yang dapat dikurangkan dari penghasilan bruto dalam perhitungan pajak penghasilan

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 36 TAHUN 2008 TENTANG PERUBAHAN KEEMPAT ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 1983 TENTANG PAJAK PENGHASILAN

Pasal 9 ayat (1) Untuk menentukan besarnya Penghasilan Kena Pajak bagi Wajib Pajak dalam negeri dan bentuk usaha tetap tidak boleh dikurangkan:

g. harta yang dihibahkan, bantuan atau sumbangan, dan warisan ... , kecuali... sumbangan keagamaan yang sifatnya wajib bagi pemeluk agama yang diakui di Indonesia, yang diterima oleh lembaga keagamaan yang dibentuk atau disahkan oleh pemerintah, yang ketentuannya diatur dengan atau berdasarkan Peraturan Pemerintah;

Jumat, 20 September 2019

REKONSTRUKSI KEHIDUPAN KRISTEN


REKONSTRUKSI KEHIDUPAN KRISTEN

2 Petrus 2: 2-3
Meskipun begitu, banyak orang akan mengikuti cara hidup guru-guru palsu itu yang dikuasai oleh hawa nafsu mereka. Dan perbuatan guru-guru itu akan membuat banyak orang menghina Jalan Benar yang menuju kepada Allah. Karena mereka serakah, maka guru-guru palsu itu akan menceritakan kepadamu cerita-cerita yang dikarang sendiri untuk mendapat keuntungan dari kalian. Tetapi pengadilan untuk menjatuhkan hukuman ke atas mereka sudah lama disiapkan, dan kebinasaan yang sudah ditentukan untuk mereka sedang menantikan mereka.

Anda di sini karena Anda tahu sesuatu. Apa yang Anda tahu tidak bisa Anda jelaskan tetapi Anda rasakan. Anda merasakannya seumur hidup Anda. Ada sesuatu yang salah dengan dunia tetapi Anda tidak tahu apa itu. Tapi itu ada seperti serpihan di pikiran Anda. —Morpheus to Neo, Matrix

Anda tidak bisa lagi tidak sadar di mana Anda tidur sebelumnya; dengan satu atau lain cara, Anda menciptakan masa depan Anda. Bangun sebelum Anda menemukan bahwa setan di dalam Anda telah melakukan penciptaan. —Stephen L. Talbot,

Masa Depan Tidak Menghitung
Dalam banyak tulisan ini adalah tentang menghubungkan diri kita sendiri, bukan dengan gerakan baru yang trendi, tetapi dengan menghubungkan kembali gereja Kristen saat ini dengan kekuatan yang asli.

Ini adalah salah satu kepercayaan saya yang terdalam bahwa semua umat Yesus mengandung potensi transformasi dunia di dalamnya. Masalah kita bukanlah kita tidak memiliki potensi, tetapi lebih karena kita telah lupa bagaimana mengakses potensi-potensi ini.  Kita telah begitu terperangkap dalam lobang terdalam untuk berpikir tentang diri kita sendiri melalui manifestasi-manifestasi kekristenan yang lebih didomestikasi dan tanpa misi.

Kita telah terprogram keluar dari panggilan hidup kita. Umumnya sulit bagi kita untuk berpikir dan bertindak secara berbeda. Kita terperangkap dalam apa yang kita miliki selama ratusan tahun.  Kita menganiaya orang yang mencoba untuk menelusuri jalan alternatif. Tetapi sekarang (akhirnya!) kita telah sampai pada titik. Titik di mana kita dapat mengenali bahwa penurunan (pelemahan, kemunduran, menuju kebangkrutan) agama Kristen di Barat, dan sekarang di Amerika, secara langsung berkaitan dengan cara kita melakukan sesuatu ke titik ini. Pencarian alternatif baru saja memanas. Artinya cara hidup Kristen dan Gereja selama hampir 2000 tahun ini telah banyak salah langkah, perlu renovasi dan bahkan revolusi total. Kita harus kembali ke cara yang empunya Gereja, Yesus Kristus, sesuai Bible.

Aslan sedang bergerak lagi dan sudah waktunya untuk dicabut, dibingkai ulang, ditulis ulang, dan ditugaskan kembali untuk menjadi orang-orang seperti yang Yesus rencanakan.

Jika ini dikatakan dengan cara lain, saya sarankan kita dirancang dengan sempurna untuk mencapai apa yang saat ini kita capai. Jika Kekristenan sedang mengalami kemunduran, paling tidak sebagian dari masalah tersebut menuju ke cara kontemporer kita menghayati iman di dunia yang menonton. Tetapi ini bukan yang dimaksudkan Yesus. Gereja yang dirancang oleh Yesus dibuat untuk memberi dampak — dan berdampak besar, sangat transformatif pada saat itu. Bukankah Yesus yang berkata, “Aku akan mendirikan jemaat-Ku, dan gerbang maut tidak akan menguasainya” (Mat. 16:18, NKJV).

Tunggu sebentar! Yesus berkata bahwa gerbang neraka tidak menang melawan kita! Kita sebagai umat Tuhan yang maju di sini, bukan neraka! Bertentangan dengan banyak gambaran gereja sebagai benteng pertahanan yang menderita serangan neraka yang mengerikan dan tanpa henti. Gerakan yang digerakkan oleh Yesus dirancang untuk menjadi kekuatan revolusioner yang maju, ternama, dan dapat menciptakan yang diciptakan, murid yang memuridkan, gereja yang mendirikan gereja = gereja pengganda, Kristen yang mengkristenkan = Kristen pengganda, untuk mengubah dunia.

Dan jangan salah. Dalam kata-kata Yesus di sini ada perasaan nyata yang tak terhindarkan tentang kemenangan Injil yang akhirnya terjadi. Jika kita bukan bagian dari ini, maka ada sesuatu yang salah dalam desain yang berlaku dan mereka harus berubah. Jika Anda bukan bagian yang diFirmankan oleh Yesus, berarti Anda berada di jalur dan posisi yang salah. Saatnya untuk membangun kembali, merekonstruksi, panggilan hidup Anda.

Membaca tulisan ini (tentu saja terlalu besar) akan terasa seperti minum dari hidran, karena meringkas. Semoga dengan cara yang sangat mudah diakses, ide-ide yang telah dirumuskan dan dikembangkan secara lebih rinci tersedia di tempat lain. Tetapi ini adalah "pengarahan resmi", atau pembingkaian konseptual, untuk suatu misi yang dapat dijalani di sini, saat ini, oleh semua orang. Dan ini, teman-temanku, perlu reframing. . . beberapa cara untuk  mendesain ulang cara kita menjadi umat Allah.

Konsep-konsep yang ditawarkan di sini selanjutnya, akan dibuat lebih jelas melalui penggunaan cerita dan contoh-contoh orang Kristen dan gereja sehari-hari sepanjang seri lanjutan tulisan ini. Tetapi kita harus mengklarifikasi apa yang kita bicarakan sejak awal. Jadi pengarahan yang menyeluruh ini harus diperlakukan sebagai titik referensi dan dikembalikan ke posisi seharusnya saat diperlukan.

Berlanjut …

Tidak ada komentar:

Posting Komentar