LEMSAKTI adalah lembaga yang dibentuk/disahkan oleh Pemerintah untuk mengelola sumbangan keagamaan yang dapat dikurangkan dari penghasilan bruto dalam perhitungan pajak penghasilan

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 36 TAHUN 2008 TENTANG PERUBAHAN KEEMPAT ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 1983 TENTANG PAJAK PENGHASILAN

Pasal 9 ayat (1) Untuk menentukan besarnya Penghasilan Kena Pajak bagi Wajib Pajak dalam negeri dan bentuk usaha tetap tidak boleh dikurangkan:

g. harta yang dihibahkan, bantuan atau sumbangan, dan warisan ... , kecuali... sumbangan keagamaan yang sifatnya wajib bagi pemeluk agama yang diakui di Indonesia, yang diterima oleh lembaga keagamaan yang dibentuk atau disahkan oleh pemerintah, yang ketentuannya diatur dengan atau berdasarkan Peraturan Pemerintah;

Minggu, 29 September 2019

SENI MENGUBAH ORANG MENJADI MURID YESUS


SENI MENGUBAH ORANG MENJADI MURID YESUS

Lukas 24: 14-19
14 Sambil berjalan mereka bercakap-cakap tentang segala peristiwa yang telah terjadi itu. 15 Sementara mereka bercakap-cakap dan bertukarpikiran, Yesus sendiri datang dan berjalan bersama-sama mereka. 16 Mereka melihat Yesus, tetapi ada sesuatu yang membuat mereka tidak mengenal Dia. 17 Lalu Yesus berkata, "Apa yang kalian bicarakan di tengah jalan ini?" Mereka berhenti dengan muka sedih. 18 Lalu seorang dari mereka, yang bernama Kleopas, bertanya kepada Yesus, "Bapakkah satu-satunya orang asing di Yerusalem yang tidak tahu peristiwa yang terjadi di sana akhir-akhir ini?" 19 "Peristiwa apa?" tanya Yesus. "Peristiwa yang terjadi dengan Yesus, orang dari Nazaret itu," jawab mereka. "Ia nabi. Kata-kata-Nya dan perbuatan-perbuatan-Nya berkuasa sekali--baik menurut pandangan Allah maupun menurut pandangan semua orang.

Matius 18: 19-20
19 Dan lagi Aku berkata kepadamu: Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apapun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di sorga. 20 Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam Nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka."

Bergerak Bersamaan dalam Perkotaan Sekitarnya
Perkotaan: Teologi Geografi / Tempat

Kenyataannya adalah, untuk menjadi seorang Kristen misi, kita mulai dengan hanya memperhatikan lingkungan dan hubungan dalam berbagai aspek kehidupan kita. Tetapi jika suku yang ingin Anda sentuh dengan cinta Yesus tinggal di bagian lain kota (atau dalam kasus misionaris, di luar negeri), Anda perlu mempertimbangkan dengan serius untuk pindah. Sangat menarik bahwa Tuhan kita disebut Yesus dari Nazaret. Jadi jelas bahwa Yesus masuk ke Nazareth.  Tetapi saya sering bertanya-tanya berapa banyak dari Nazareth yang masuk ke dalam Yesus.

Yang benar adalah bahwa dalam inkarnasi, Yesus tinggal di Nazareth, di Yudea kuno, di antara orang-orang yang berbeda. Yesus menjadi salah satu dari mereka. Kami menggunakan ide menjadi imam dalam masyarakat di mana kita berada.

Sama seperti geng lokal, kita harus memiliki "wilayah". Ketika berusaha untuk menyentuh orang, suku, kota, tidak baik hanya mengunjungi daerah mereka.  Tidak baik hanya melakukan perjalanan lebih dari setengah jam untuk pulang. Anda harus tinggal di tempat yang ingin Anda layani. Anda harus bisa bertemu dengan suku di toko-toko lokal dan supermarket. Ini memungkinkan untuk apa yang saya sebut tiga praktik keterlibatan inkarnasional: kedekatan, frekuensi, dan spontanitas.

Kontrol Tanah ke Walikota: Melakukan Kontak
Dalam pengaturan Kota Besar, kita seharusnya mengasumsikan bahwa semua komunikasi Injil bersifat lintas budaya. Jika Anda melakukan ini, setidaknya Anda tidak akan membuat kesalahan. Jangan pernah mengasumsikan sama pandangan dunia dan kepercayaan dengan orang yang Anda coba jangkau. Setiap orang berbeda.

Latih diri Anda untuk menjadi inklusif dan menarik dalam postur. Sementara postur misi membutuhkan pendekatan untuk pergi ke mereka, postur juga akan menjadi undangan untuk menjalin hubungan. Jadi temukan cara untuk mengundang orang ke dalam hidup Anda: ke BBQ, ke pesta, atau apa pun. Ingatlah untuk berbicara seolah-olah ada orang yang tidak percaya. Belajar untuk menggunakan istilah yang tepat kepada orang dalam gereja. Tim Keller mengatakan bahwa jika Anda berbicara dan berbicara seolah-olah warga di seluruh lingkungan Anda ada bukan hanya orang-orang Kristen yang terpencar-pencar, maka pada akhirnya semakin banyak lingkungan Anda yang akan menemukan jalan mereka ke dalam kehidupan dan komunitas Anda dan merasakan bagian darinya. Gunakan perbedaan untuk menjalin kemunikasi dengan membangun minat yang sama. Ciptakan sesuatu untuk membangun hubungan.

Melampaui Persahabatan Fungsional
Dalam Untamed12 Deb dan Alan Hirsch menyarankan bahwa sebagian besar, kita secara umum telah salah menafsirkan Amanat Agung (Mat. 28: 18-20) sebagai teks penginjilan. Padahal sebenarnya itu adalah teks pemuridan. Ini bukan tentang sekadar membagikan Kabar Baik kepada orang-orang melalui konsep-konsep abstrak tentang Yesus dan menyerukan tanggapan.  Ini hanya bagian terbaik dari kesepakatan, yang terburuk adalah kesaksian yang buruk dan hanya penjualan.

Persahabatan harus menjadi bagian dari persamaan. Kita dipanggil untuk memuridkan bangsa-bangsa. Ini berarti kita berkomitmen untuk hubungan jangka panjang dengan mereka. Tentunya harus mencakup persahabatan yang bermakna, keterlibatan yang tulus, dan kepedulian penuh kasih untuk kebaikan terbaik seseorang. Orang-orang Kristen harus tahu bagaimana menjadi sahabat terbaik yang dapat dimiliki seseorang. Persahabatan dalam arti pemuridan yang paling sejati terletak di jantung amanat alkitabiah. Pikirkan Amanat Agung dalam cara ini. Sebagian  pemuridan terjadi sebelum pertobatan dan pemuridan sebagian setelah pertobatan.  Tetapi itu adalah pemuridan di sepanjang jalan.

Seni Mengubah Orang Menjadi Murid Yesus
Dalam banyak hal resep ini adalah bagian dari pengetahuan budaya. Sebagian persahabatan organik, dan sebagian keramahan. Tetapi dalam pengalaman kehidupan gereja, orang Kristen tidak selalu pandai dalam percakapan. Kita cenderung ke arah fungsionalitas dalam hubungan kita. Kita tidak memiliki keluasan budaya. Kita terlalu cepat untuk mencapai Alkitab dan kerohanian. Singkatnya, kita harus berusaha untuk menjadi lebih menarik secara budaya. Untuk pria, fitur olahraga cukup kuat dalam percakapan. Untuk wanita, keluarga dan masalah relasional.

Apa pun isinya, percakapan yang benar-benar berseni menggunakan semua ini dalam dialog. Secara otentik bercakap-cakap, halus, spiritual, dan berbudaya sesuai dengan isu-isu saat itu. Untuk benar-benar melibatkan orang-orang di tingkat kehidupan dan kisah mereka. Ingat, budaya pop adalah tempat tinggal orang! Waspadai apa yang terjadi di tingkat itu. Berhentilah terlalu “spiritual”. (Pengkhotbah 7: 16 Janganlah terlalu saleh, janganlah perilakumu terlalu berhikmat; mengapa engkau akan membinasakan dirimu sendiri?) Menggunakan orang dalam, bahasa agama, untuk berbicara tentang Tuhan — itu kebanyakan mengasingkan orang. Melainkan, bergaul dengan membawa interpretasi Tuhan ke kehidupan sehari-hari tanpa memaksa percakapan dengan empat hukum spiritual. Bekerja dan melayani secara bertahap … pengantar … pendahuluan … latar belakang … fakta/kondisi yang dialami … kondisi dalam Yesus yang akan dialami … ajakan … keputusan mengikut Yesus … berjalan bersama Yesus … pendewasaan rohani … berbuah … dst

Percakapan mengundang persahabatan.  Percakapan memancing intrik, mendorong pencarian timbal balik. Percakapan menjalin cerita dengan opini, memperluas telinga yang mendengarkan.  Percakapan menawarkan sesuatu tentang diri dalam persamaan. Paling-paling itu dilakukan di sekitar meja atau di tempat-tempat keterlibatan sosial. Dan jangan salah. Percakapan adalah cara yang kuat untuk melibatkan orang secara misionaris. Dalam Untamed kami menyarankan bahwa jika setiap keluarga Kristen di dunia menawarkan keramahtamahan percakapan yang baik di sekitar meja makan sekali seminggu kepada tetangga, kita akan menuju Kerajaan Allah.

Bersambung …  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar