LEMSAKTI adalah lembaga yang dibentuk/disahkan oleh Pemerintah untuk mengelola sumbangan keagamaan yang dapat dikurangkan dari penghasilan bruto dalam perhitungan pajak penghasilan

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 36 TAHUN 2008 TENTANG PERUBAHAN KEEMPAT ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 1983 TENTANG PAJAK PENGHASILAN

Pasal 9 ayat (1) Untuk menentukan besarnya Penghasilan Kena Pajak bagi Wajib Pajak dalam negeri dan bentuk usaha tetap tidak boleh dikurangkan:

g. harta yang dihibahkan, bantuan atau sumbangan, dan warisan ... , kecuali... sumbangan keagamaan yang sifatnya wajib bagi pemeluk agama yang diakui di Indonesia, yang diterima oleh lembaga keagamaan yang dibentuk atau disahkan oleh pemerintah, yang ketentuannya diatur dengan atau berdasarkan Peraturan Pemerintah;

Selasa, 01 Oktober 2019

GAYA HIDUP GARAM DUNIA


GAYA HIDUP GARAM DUNIA

Matius 5: 13 Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang.

Hampir semua orang Kristen menginginkan setiap orang mengenal Yesus Kristus. Mengharap setiap lutut bertelut dan setiap lidah mengaku bahwa Yesus adalah Tuhan. Orang Kristen juga tahu perlu memberitakan Yesus kepada setiap mahluk, terutama manusia yang belum Kristen. Tetapi kita merasa tidak berdaya, tidak mampu. Banyak alasan yang membuat kita tidak bersaksi: takut, malu, tidak boleh karena … (toleransi, dia sudah beragama, kerukunan … dituduh kristenisasi … dll alasan rasional). Terutama bersaksi secara terangan-terangan tentang iman kita kepada orang lain di tempat umum … huuuu… nggak ah. Mengapa demikian?

Kita disuguhkann cara bersaksi seperti misionaris yang kita baca di buku pelajaran agama atau cerita penginjil atau pengkhotbah atau dimana saja … yang membawa mereka menghadapi bahaya. Secara naluri tentu kita menghindari risiko sekecil apapun. Kita tidak mau menghadapi masalah karena kesaksian kita. Intinya … iman kita masih kecil … sangat kecil… sampai tidak ada… atau pasif sama sekali. Bagaimana jalan keluarnya: dalam ketakutan dan ketidakberdayaan kita … kita tetap menyaksikan kebaikan Yesus Kristus. Jawabnya: GAYA HIDUP.

Pindahkan Dari Kebenaran Kita: Subversif Yang Menyamar
Berlawanan dengan pemahaman fundamentalis yang sempit tentang berbagai hal, Injil tidak menantang atau merusak segala sesuatu dalam budaya tertentu. Ada banyak hal baik yang sepenuhnya konsisten dengan pemahaman alkitabiah tentang masyarakat dan kehidupan.

Misalnya, orang non-Kristen yang menghargai kebenaran, berbuat baik kepada orang lain, dan menjalani kehidupan yang bermoral. Para teolog selalu menyebut ini anugerah umum. Ini termasuk aspek budaya yang dapat ditegaskan dan diperdalam dengan melakukan kontak dengan Injil Yesus Kristus. Namun, akan ada hal-hal dalam budaya apa pun (termasuk budaya kita) yang bertentangan dengan apa yang Yesus ajarkan — aspek yang tidak saleh dan tidak manusiawi.

Adalah tugas orang Kristen untuk menjadi sangat cerdas di sini. Kegagalan untuk mengenali kekurangan dalam budaya kita sendiri berarti bahwa kita hanya akan memaksakan budaya kita (dan kadang-kadang bukan Injil) pada kelompok atau suku bangsa. Tetapi ketika harus menjadi misional di sini dan saat ini, kadang-kadang kita hanya perlu mengeluarkan tantangan langsung. Dalam bahasa subjudul "pindah dari kebenaran kita," untuk membawa Kabar Baik ke dalam suku.

Pertanyaan dan Mencari
Yang benar adalah bahwa kita tidak selalu harus menghadapi masalah langsung. Terkadang peran kita adalah menjadi subversif yang menyamar. Ya, ada kalanya kita perlu terang-terangan dan verbal dan konfrontatif, tetapi mungkin tidak terlalu sering. Ada cara lain yang sangat alkitabiah tentang membawa perubahan besar dalam masyarakat. Yesus berbicara tentang kerajaan Allah seperti ragi yang menyebarkan ragi tanpa pengaruh langsung kita. Dia berbicara tentang hal itu seperti ladang di mana petani menanam dan menyiraminya, dan tumbuh dengan sendirinya. Dengan kata lain, kerajaan itu bekerja secara diam-diam untuk menggantikan keadaan sekarang dan untuk memulai pemerintahan Allah sebagai gantinya. Memberikan rasa baru sekaligus manfaat baru. Itulah peran garam.

Para ahli menyebut aspek pengajaran Yesus tentang kerajaan ini sebagai "yang sekarang dan yang belum." Beberapa orang melihatnya dan merespons. Yang lain tidak bisa melihatnya sama sekali. Suatu hari Tuhan akan memusatkan semuanya pada satu titik dan menutup kesepakatan sekali dan untuk semua. Tapi kita bisa yakin kerajaan ada di sini sekarang . . . aktif di seluruh dunia, tetapi terutama melalui rakyatnya.

Sering kali dalam pekerjaan penggembalaan, ketika kita membawa seseorang kepada Tuhan yang tidur dengan pasangannya (tetapi belum resmi menikah), kita tidak melempar buku peraturan kepada mereka. Kita tidak menghakimi mereka. Sebaliknya, kita akan memperkenalkan mereka kepada Yesus dan percaya bahwa pasangan itu akan sampai pada kesimpulan yang benar sendiri. Kita akan menanam benih yang baik, menyirami mereka, dan voaà, Roh Kudus akan melakukan pekerjaanNya.

Perumpamaan adalah alat klasik subversi. Dalam Membentuk Hal-hal yang Akan Datang, Michael dan saya menyelidiki mengapa Yesus tampaknya tidak pernah menjawab pertanyaan secara langsung. Kadang-kadang Ia menjawab dengan pertanyaan balasan. Tetapi paling sering Ia menggunakan perumpamaan. Sekarang sebuah perumpamaan bukanlah ilustrasi kecil yang lucu untuk menjelaskan semuanya.

Faktanya, Yesus mengatakan bahwa Perumpamaan benar-benar sebaliknya. Perumpamaan adalah teka-teki yang benar-benar dapat membingungkan pendengar (Mat. 13: 1–23). Mereka bukan khotbah tiga-titik yang jelas dengan ilustrasi yang bagus untuk di-boot. Mereka dirancang untuk memprovokasi pencarian. Suatu pencarian - di mana pendengar diundang untuk mengisi kekosongan untuk diri mereka sendiri. Dan jelas Perumpamaan adalah subversif, karena ada yang mengerti dan ada yang tidak mengerti. Beberapa menyukai apa yang mereka dengar dan yang lain membencinya.

Gaya Hidup
Cara paling konsisten untuk menantang kekuatan-kekuatan destruktif dalam budaya populer adalah hidup bertentangan dengan mereka. Bertindak benar-benar menjadi perubahan yang ingin kita lihat. Dalam dunia yang terobsesi dengan konsumerisme, kita memilih untuk hidup lebih sederhana. Dalam dunia yang terobsesi dengan status dan citra sosial, kita memilih untuk bergaul dengan orang miskin, “orang yang tidak terlihat,” dan tidak keren serta mengundang mereka ke dalam kehidupan kita.

Dalam dunia yang terobsesi dengan uang, kita memilih untuk menjadi sangat murah hati. Dengan kata lain, tanpa menarik diri dari suku kita, tetap bergaul di lingkungan kita (tempat tinggal, tempat kerja, tempat belajar, tempat bermain), kita harus membuat model seperti apa alternatif Yesus bagi suku kita. Mereka harus melihat Injil diwujudkan dalam diri kita, karena pada akhirnya, mediumnya adalah pesannya.

Sehubungan dengan gaya hidup, Tim Keller menyarankan tindakan di gereja misi. Komunitas Kristen harus melangkah lebih jauh dari itu untuk mewujudkan "budaya tandingan,". Kristen di bisnis, politik, legislative, yudikatif, eksekutif, karyawan, pegawai, wiraswasta, pendidikan, olah raga, dan dimana saja harus menunjukkan kepada dunia betapa sangat berbedanya masyarakat Kristen dalam hal seks, uang, dan kekuasaan. . . .

ü  Dalam seks. Begitu banyak orang dewasa ini mendefinisikan diri mereka berdasarkan seksualitas mereka. Mereka ADALAH dengan siapa mereka berhubungan seks. Tetapi Alkitab tidak mengambil pandangan itu. Alkitab mengatakan bahwa seseorang adalah manusia karena mereka diciptakan menurut gambar dan rupa Allah. Artinya, sebelum Anda melakukan hubungan seks - sebelum Anda melakukan sesuatu - Anda memiliki nilai maksimal dan signifikansi di hadapan Tuhan! Anda adalah pembawa gambar! Anda adalah makhluk yang berkuasa; di bawah Tuhan dan atas segalanya. Bagi pemula bahwa seks itu alami bagi manusia, tetapi tidak perlu. Seseorang dapat hidup penuh, diberkati, kaya, bermanfaat, bermakna, memuliakan Tuhan tanpa pernah berhubungan seks dengan siapa pun. Seks itu baik tetapi tidak pamungkas. Bagi banyak orang dalam budaya kita, itu akan menjadi hal yang paling mengejutkan yang dikatakan Alkitab tentang apa pun. Alkitab mengatakan bahwa pernikahan itu baik, seks itu baik, hidup sendiri itu baik dan hidup selibat itu baik. Itu semua adalah hadiah berharga yang diberikan sesuai dengan kebijaksanaan dan waktu Tuhan untuk kemuliaan-Nya dan kebaikan kita yang kekal.
ü  Dalam uang. Kita mempromosikan komitmen besar waktu, uang, hubungan, dan ruang hidup yang radikal untuk keadilan sosial dan kebutuhan orang miskin, imigran, yang lemah secara ekonomi dan fisik.
ü  Dalam kekuasaan. Kita berkomitmen untuk berbagi kekuasaan dan membangun hubungan antara jenis kelamin, ras, dan kelas yang diasingkan di luar Tubuh Kristus.


Secara umum, sebuah gereja harus lebih berkomitmen dan lebih dalam terhadap tindakan belas kasih dan keadilan sosial daripada gereja liberal tradisional. Komitmen yang lebih mendalam dan praktis untuk penginjilan dan pertobatan daripada gereja-gereja fundamentalis tradisional. Gereja semacam ini sangat "kontra-intuitif" bagi pengamat modernism dan kemajuan. Itu menghancurkan kemampuan mereka untuk mengkategorikan (dan menolak) sebagai liberal atau konservatif. Hanya gereja semacam ini yang memiliki peluang di Dunia non-Kristen.

Bersambung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar