LEMSAKTI adalah lembaga yang dibentuk/disahkan oleh Pemerintah untuk mengelola sumbangan keagamaan yang dapat dikurangkan dari penghasilan bruto dalam perhitungan pajak penghasilan

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 36 TAHUN 2008 TENTANG PERUBAHAN KEEMPAT ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 1983 TENTANG PAJAK PENGHASILAN

Pasal 9 ayat (1) Untuk menentukan besarnya Penghasilan Kena Pajak bagi Wajib Pajak dalam negeri dan bentuk usaha tetap tidak boleh dikurangkan:

g. harta yang dihibahkan, bantuan atau sumbangan, dan warisan ... , kecuali... sumbangan keagamaan yang sifatnya wajib bagi pemeluk agama yang diakui di Indonesia, yang diterima oleh lembaga keagamaan yang dibentuk atau disahkan oleh pemerintah, yang ketentuannya diatur dengan atau berdasarkan Peraturan Pemerintah;

Minggu, 12 Juli 2020

MODEL KEMENTERIAN HOLISTIK SELURUH INJIL, SELURUH ORANG , SELURUH GEREJA


MODEL KEMENTERIAN HOLISTIK SELURUH INJIL, SELURUH ORANG , SELURUH GEREJA 

American Bible Society merangkum panggilan gereja untuk pelayanan holistik: Menjangkau komunitas Anda dengan seluruh Injil untuk seluruh pribadi melalui seluruh gereja.

Seluruh Injil
Seluruh Injil membawa keselamatan dalam arti sepenuhnya. Pengampunan dosa, pertobatan batin individu dalam regenerasi dan pengudusan, kesejahteraan fisik, transformasi hubungan sosial dan ekonomi, pembaruan komunitas kita, dan kemenangan utama Kristus atas kekuasaan kejahatan dalam skala kosmik. Menjalankan Injil ini di gereja-gereja kita berarti menjadi contoh perhatian Allah terhadap kesejahteraan total orang dan komunitas. Itu berarti gaya hidup inkarnasional dari integritas, kasih sayang, dan undangan. Itu berarti tetangga yang penuh kasih, baik jauh maupun dekat dengan meneladani penuh sukacita yang ditunjukkan Yesus, khususnya mereka yang paling membutuhkan dan yang paling tidak dikasihi.
Kita cenderung ingin memecah pekerjaan Tuhan menjadi potongan-potongan kecil yang lebih mudah dipahami dan dikelola. Dengan demikian, penyajian Injil oleh gereja telah retak. Segmen yang berbeda dari gereja telah menekankan aspek-aspek berbeda dari kabar baik. Fokus mereka pengampunan, keadilan sosial, penyembuhan, regenerasi, dan beberapa orang mengklaim memiliki satu-satunya makna Injil yang sebenarnya. Tetapi karya penebusan Allah yang mulia di dalam Kristus menghasilkan "jauh lebih banyak dari yang dapat kita tanyakan atau bayangkan" (Efesus 3:20). Jika pemahaman kita tentang Injil terlalu sempit, kita membatasi cara Allah dalam menggunakan kita turut serta membangun kerajaan-Nya.

Seluruh Orang
Pelayanan holistik melayani seluruh pribadi. Memandang individu-individu melalui mata Tuhan sebagai keutuhan tubuh-jiwa-roh yang diciptakan untuk hidup dalam komunitas yang sehat. Dengan demikian gereja melayani setiap dimensi kebutuhan manusia. Mencari keutuhan di setiap tingkat social: individu, keluarga, komunitas, bangsa, dan keluarga manusia global. Pelayanan holistik menghargai setiap orang sebagai ciptaan yang unik dan luar biasa, yang ditakdirkan untuk selamanya. Karena kuasa Roh untuk membuat semua hal baru, perspektif transformasional melihat orang dalam hal potensi mereka daripada masalah mereka.
Pelayanan holistik juga meruntuhkan hambatan antara mereka yang melayani dan mereka yang dilayani. Masing-masing dari kita telah berkontribusi pada rasa sakit, penderitaan, dan kerusakan di dunia. Karena itu kita melayani dengan sikap syukur dan rendah hati, mengakui kehancuran kita sendiri di depan salib. Kita menyadari bahwa melayani keutuhan Kristus kepada orang lain adalah bagian dari apa yang membuat kita utuh.



Melalui Seluruh Gereja
Pelayanan holistik terjadi melalui seluruh gereja, atau jemaat holistic. Para murid Kristus menjalani keselamatan mereka dalam persekutuan yang penuh kasih. Sementara kita masing-masing dipanggil untuk melakukan tindakan belas kasih dan saksi secara individu, ekspresi misi bersama sangat diperlukan. Seluruh gereja harus bersatu menuju visi pelayanan yang menyatukan. Memanfaatkan karunia unik dari setiap anggota. Membangun gereja yang sehat dan mengembangkan penjangkauan yang dinamis bukanlah prioritas yang saling bertentangan. Ketika gereja berfungsi dengan benar sebagai tubuh Kristus, itu juga akan berfungsi sebagai tangan dan kaki Kristus di dunia.
Gereja memainkan peran penting dalam rencana penebusan Allah. Tujuan pelayanan holistik bukan hanya untuk membawa orang kepada Kristus, tetapi untuk menyambut mereka ke dalam jemaat para pengikutnya. Pelayanan para-gereja mengisi peran penting. Tetapi mereka tidak dapat menggantikan jemaat yang beribadah dan memuridkan. Gereja-gereja holistik menyambut mereka yang dilayani melalui pelayanan penginjilan dan aksi sosial dengan tangan terbuka.

Setiap Gereja Dipanggil
Setiap gereja dipanggil untuk pelayanan holistic. Setiap gereja dipanggil untuk menjangkau komunitas kita dengan seluruh Injil untuk seluruh pribadi melalui seluruh gereja. Panggilan ini membuat kita berani berbagi keselamatan yang mulia melalui firman dan perbuatan. Melalui pelayanan holistik, kita menanggapi kehancuran dunia dengan memproklamasikan sukacita hubungan yang benar dengan Allah di dalam Kristus. Kita berpartisipasi dalam pekerjaan Roh yang sedang berlangsung dari pemulihan pribadi dan social. Kita menyediakan persiapan tentang kedatangan kerajaan Allah dalam kepenuhannya.
Yesus memberi tahu para pengikutnya, "Seperti Bapa mengutus Aku, Aku mengutus kamu" (Yohanes 20:21). Sebagaimana Bapa berhasrat agar semua memiliki kehidupan yang berkelimpahan, kita juga harus membantu orang lain menyadari potensi mereka untuk hidup seperti yang Tuhan kehendaki. Ketika Bapa mendesak agar "keadilan mengalir seperti air" (Amos 5:24), kita juga harus bekerja untuk menciptakan masyarakat yang menyenangkan Allah.  Pencipta semua menikmati pekerjaannya dan berjanji untuk memperbarui bumi. Kita juga harus melayani sebagai penatalayan yang bertanggung jawab dan kreatif atas sumber daya bumi.
Allah  berinkarnasi di dalam Kristus mengimbau semua orang untuk menerima Kabar Baik. Gereja-gereja kita, melalui perbuatan dan kesaksian, membagikan undangan. Kita menyampaikan: Lihatlah betapa besarnya kasih yang Allah untuk milikiNya dan bagi dunia! Datanglah, berbaliklah kepada Tuhan dan jadilah utuh. Datanglah, bergabunglah dengan komunitas iman kami. Kita mengikuti Kristus dalam misi holistik. Tuhan dapat membuat perbedaan dalam hidup Anda, dan hidup Anda dapat membuat perbedaan. Apakah Anda sudah di dalam atau masih di luar?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar