LEMSAKTI adalah lembaga yang dibentuk/disahkan oleh Pemerintah untuk mengelola sumbangan keagamaan yang dapat dikurangkan dari penghasilan bruto dalam perhitungan pajak penghasilan

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 36 TAHUN 2008 TENTANG PERUBAHAN KEEMPAT ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 1983 TENTANG PAJAK PENGHASILAN

Pasal 9 ayat (1) Untuk menentukan besarnya Penghasilan Kena Pajak bagi Wajib Pajak dalam negeri dan bentuk usaha tetap tidak boleh dikurangkan:

g. harta yang dihibahkan, bantuan atau sumbangan, dan warisan ... , kecuali... sumbangan keagamaan yang sifatnya wajib bagi pemeluk agama yang diakui di Indonesia, yang diterima oleh lembaga keagamaan yang dibentuk atau disahkan oleh pemerintah, yang ketentuannya diatur dengan atau berdasarkan Peraturan Pemerintah;

Selasa, 15 Desember 2020

12 AYAT ALKITAB UNTUK MENGUATKAN UMK

 12 AYAT ALKITAB UNTUK UMK

 

UMK singkatan dari usaha mikro dan kecil.

 

Pasal 6 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah

  1. Kriteria Usaha Mikro adalah sebagai berikut:
    1. memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha; atau
    2. memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp300.000.000,00 (tiga ratus juta rupiah).
    3. Memiliki karyawan kurang dari 4 orang

 

  1. Kriteria Usaha Kecil adalah sebagai berikut:
    1. memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) sampai dengan paling banyak Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha; atau
    2. memiliki hasil penjualan tahunan lebih dari Rp300.000.000,00 (tiga ratus juta rupiah) sampai dengan paling banyak Rp2.500.000.000,00 (dua milyar lima ratus juta rupiah).
    3. Memiliki karyawan lebih dari 5 orang dan kurang dari 19 orang.

 

  1. Kriteria Usaha Menengah adalah sebagai berikut:
    1. memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah) sampai dengan paling banyak Rp10.000.000.000,00 (sepuluh milyar rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha; atau
    2. memiliki hasil penjualan tahunan lebih dari Rp2.500.000.000,00 (dua milyar lima ratus juta rupiah) sampai dengan paling banyak Rp50.000.000.000,00 (lima puluh milyar rupiah).
    3. Memiliki karyawan lebih dari 20 hingga 99 orang.

 

Sekedar membandingkan, Kategori Usaha Besar memiliki kriteria berikut.

Usaha Besar adalah jenis usaha ekonomi produktif yang paling tinggi diantara kriteria usaha sebelumnya. Jenis usaha ini biasanya merupakan perusahaan go-public, Badan Usaha Milik Negara atau Swasta yang  yang melakukan kegiatan ekonomi di Indonesia. Berikut kriteria dari Usaha Besar:

a.      Memiliki karyawan lebih dari 100 orang.

b.      Aset (kekayaan bersih) lebih dari Rp10 Miliar.

c.       Omzet penjualan tahunan lebih dari Rp50 Miliar.

 

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mencapai 64 juta. Angka tersebut mencapai 99,9 persen dari keseluruhan usaha yang beroperasi di Indonesia.

UMKM memiliki kontribusi sebesar 60,3% dari total produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Selain itu, UMKM menyerap 97% dari total tenaga kerja dan 99% dari total lapangan kerja. Pada 2018, UMKM tercatat sebanyak 64,2 juta unit.

 

3 Peran Inti UMKM

Perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia yang semakin meningkat setiap tahunnya memberikan angin segar bagi sektor perekonomian. Kebangkitan ini sejalan dengan peran UMKM sebagai penopang perekonomian negara. Berikut beberapa peran UMKM:

 

1. Peran UMKM sebagai alat pemerataan kemakmuran dan kesejahteraan

Sebagai negara kepulauan, Indonesia perlu bekerja secara ekstra untuk bisa mencapai kesejahteraan. Kehadiran UMKM dianggap mampu meratakan perekonomian di berbagai pelosok. Masyarakat di daerah terpencil bisa memenuhi kebutuhannya tanpa perlu mengunjungi kota besar. UMKM memiliki peran besar dalam menyumbang perekonomian yang merata di Tanah Air.

 

2. Peran UMKM untuk mengurangi kemiskinan

UMKM memberikan peluang bagi pelaku usaha untuk membuka lapangan kerja baru. Penyerapan tenaga kerja yang tinggi bisa mengurangi kemiskinan sehingga berkurangnya angka pengangguran di Indonesia. Dari data UMKM yang dimiliki oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, angka pertumbuhan pelaku UMKM selalu naik dari tahun ke tahun. Misal dari tahun 2018, UMKM mampu menyerap tenaga kerja hingga 120 jutaan orang. Ini menunjukkan sinyal bagus bagi tenaga kerja karena semakin terbuka lebarnya peluang.

 

3. Peran UMKM dalam memberikan Devisa

Negara kepulauan memberikan benefit lain bagi Indonesia dalam mengembangkan UMKM. Usaha kecil, mikro, dan menengah ini dinilai mampu menyumbang devisa bagi negara. Sumber-sumber devisa tersebut antara lain, adanya ekspor barang dan jasa ke negara lain serta kehadiran wisatawan asing yang berbelanja di dalam negeri.

 

 

UMKM di Tengah Pandemi

Penyebaran virus corona (Covid-19) memukul perekonomian Indonesia, termasuk pelaku usaha. Pemerintah memberikan dukungan industri sebesar Rp 70,1 triliun dan dunia usaha sebesar Rp 150 triliun. Kementerian Keuangan (Kemenkau) mencatat, dunia usaha yang terdampak signifikan adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

 

Pandemi COVID-19 yang mengguncang dunia sejak Maret 2020 memberikan dampak yang signifikan pada pertumbuhan ekonomi, salah satu yang terkena imbas adalah UMKM. Seiring dengan adanya transisi menuju kenormalan baru, UMKM diharapkan mampu beradaptasi dengan kondisi yang ada.

 

Transformasi digital bisa menjadi salah satu jalan keluar. UMKM tidak perlu lagi mengandalkan kontak fisik dengan pelanggan dan beralih ke digital untuk melakukan transaksi.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik, Indonesia saat ini memiliki sekitar 64 juta UMKM namun hanya 13% saja yang sudah beralih atau terhubung ke digital. Sisanya, sekitar 87% UMKM masih mengandalkan layanan offline mulai dari aktivitas jual-beli, pembukuan, perpajakan, dan lain sebagainya.

 

Pandemi COVID-19 bisa dijadikan sebagai momen bagi UMKM untuk bangkit dan menang. Pelaku UMKM perlu untuk mengedukasi diri mereka mengenai ekosistem digital, yang mana manfaatnya tidak hanya sebatas saat pandemi berlangsung tetapi berkepanjangan. Misal dengan mengetahui berbagai aplikasi yang memudahkan manajemen bisnis UMKM. Dengan menerapkan digitalisasi pada DNA UMKM, diharapkan bisnis lokal siap menghadapi globalisasi.

 

Dalam pelayanan atau kementerian holistic berbasis bisnis sebagai misi, kita juga mengalami kenormalan baru. Kalimat yang menjadi penguat bagi kita dalam menjalankan usaha adalah:

 

"Saya menang atau saya belajar, tapi dengan pertolongan Tuhan saya tidak pernah kalah".

 

Saya berdoa agar Anda terinspirasi oleh firman Tuhan. Keyakinan Anda pada diri sendiri dan bisnis Anda adalah kunci kesuksesan jangka panjang Anda. Memulai bisnis kecil adalah perjalanan spiritual. Anda harus memilih ayat yang akan menginspirasi Anda. Saya pikir akan sangat membantu untuk membagikan beberapa favorit saya. Gunakan ayat-ayat Alkitab ini di saat-saat baik dan sulit dalam bisnis kecil Anda. (Firman Tuhan diambil dari NIV: New International Version Bible,dan lainnya  dan diterjemahkan secara bebas ke bahasa Indonesia).  

 

1.      Ulangan 8:18 NIV Tetapi ingatlah TUHAN, Allahmu, karena Dialah yang memberi kamu kemampuan untuk menghasilkan kekayaan, dan dengan demikian menegaskan perjanjian-Nya, yang bersumpah kepada nenek moyangmu, seperti sekarang ini. 

Semua keterampilan dan bakat khusus yang kita gunakan dalam bisnis semuanya diberikan kepada kita oleh Tuhan. Dia memberi kita kemampuan untuk menghasilkan uang dan membuat kesepakatan. Dia melakukannya untuk orang tua dan mentor kita dan Dia melakukannya untuk kita juga.

 

2.      Roma 12: 2 NIV Jangan menyesuaikan diri dengan pola (sistem operasi) dunia ini, tetapi diubah oleh pembaruan pikiran kita. Kemudian kamu akan dapat menguji dan menyetujui apa kehendak Tuhan — kehendak-Nya yang baik, menyenangkan dan sempurna. 

Alkitab memerintahkan kita untuk menjadi inovatif dalam bisnis kita. Kita seharusnya tidak pernah mencoba menjadi seperti orang lain. Dunia masih menunggu perangkap tikus yang lebih baik, dan kita seharusnya tidak pernah bergantung pada kesuksesan kita. Kita harus memperbarui diri kita dengan menjadi pembelajar seumur hidup dan terus membaca.

 

3.      I Tesalonika 5: 16-19 NIV Bersukacitalah selalu; berdoa terus menerus; bersyukur dalam segala keadaan; ini adalah kehendak Tuhan untuk hidupmu. 

Penting untuk memiliki kehidupan yang penuh doa sebagai seorang pengusaha; itu akan membantu Anda pada hari-hari ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginan Anda. Anda harus memiliki kekuatan untuk bersyukur kepada Tuhan, bahkan ketika Anda tidak memenangkan kontrak sebesar itu. Tuhan melindungi kita ketika kita tidak mendapatkan kesempatan yang kita pikir tanpanya kita tidak dapat bertahan. Bersyukurlah selalu.

 

4.      Amsal 16:18 NIV Kesombongan mendahului kehancuran, jiwa yang angkuh mendahului kejatuhan. 

Banyak pengusaha bergumul dengan rasa bangga. Jangan takut memberi tahu klien atau karyawan bahwa Anda tidak tahu jawabannya. Cobalah untuk meredakan masalah apa pun dengan kebenaran dan dengan mengambil tanggung jawab penuh untuk memperbaiki masalah. Jangan pernah membiarkan ego Anda menghalangi melakukan apa yang menjadi kepentingan terbaik bisnis Anda.

 

5.      II Korintus 9: 8 NIV Dan Tuhan mampu memberkati kamu dengan berlimpah, sehingga dalam segala hal setiap saat, memiliki semua yang kamu butuhkan, kamu akan berlimpah dalam setiap pekerjaan yang baik. 

Tuhan selalu memberikan kepada kita apa yang kita butuhkan untuk melakukan pekerjaan terbaik kita. Terkadang dia mengirimkan uang yang kita butuhkan tepat pada waktunya, dan di lain waktu dia mengirimi kita kreativitas untuk menemukan solusi terbaik untuk tantangan yang kita hadapi. Percayalah kepada Tuhan setiap saat.

 

6.      II Timotius 1: 7 NIV Karena Roh yang diberikan Tuhan kepada kita tidak membuat kita takut, tetapi memberi kita kekuatan, kasih dan disiplin diri. 

Ketakutan adalah musuh kewirausahaan. Tuhan ingin kita pergi dengan kekuatan yang Dia berikan kepada kita untuk mengejar ide-ide kita dalam bisnis.

 

7.      Ibrani 12:11 NIV Tidak ada disiplin yang tampaknya menyenangkan pada saat itu, tetapi menyakitkan. Namun kemudian, itu menghasilkan panen kebenaran dan kedamaian bagi mereka yang telah dilatih olehnya. 

Anda harus disiplin secara fiskal dalam bisnis. Anda tidak dapat mempertaruhkan semua kerja keras Anda dengan tidak berfokus pada tujuan gambaran besar dan sasaran penjualan bulanan Anda. Kadang-kadang memang menyakitkan, tetapi akan menghasilkan panen yang lumayan.

 

8.      I Corinthians 9:24 NIV Tahukah kamu bahwa dalam perlombaan semua pelari lari, tetapi hanya satu yang mendapat hadiah? Jalankan sedemikian rupa untuk mendapatkan hadiah. 

Menjalankan bisnis itu sulit. Ini maraton, bukan lari cepat. Akan ada banyak batu sandungan di jalan Anda. Semua orang tersandung dan jatuh saat menjalankan perlombaan ini, tetapi pemenang akan bangkit lebih cepat dari semua orang. Anda harus melakukan apa yang perlu Anda lakukan untuk memenangkan perlombaan.

 

9.      Markus 5:36 NIV Mendengar apa yang mereka katakan, Yesus berkata kepada mereka, "Jangan takut; percaya saja." 

Akan ada saat dimana Anda adalah satu-satunya orang yang percaya pada impian bisnis Anda. Jangan takut. Percayalah pada diri sendiri dan ide bisnis Anda.

 

10.  Pengkhotbah 11: 4 AMP Dia yang mengamati angin [dan menunggu sampai segala kondisi menguntungkan] tidak akan menabur, dan siapa senantiasa melihat awan tidak akan menuai. 

Anda harus mau membuat keputusan dalam bisnis kecil Anda. Tidak ada yang akan datang dan melakukannya untuk Anda. Buat keputusan sulit dengan cepat, sehingga Anda dapat melanjutkan untuk melakukan pekerjaan yang diperlukan untuk membantu pelanggan Anda.

 

11.  Amsal 11:14 NIRV Tanpa bimbingan pemimpin yang baik sebuah bangsa jatuh. Tetapi banyak penasehat yang baik bisa menyelamatkannya. 

Sangat penting untuk memiliki sejumlah orang penasihat untuk bisnis kecil Anda. Bisnis Anda tidak akan bertahan hanya berdasarkan pengalaman Anda. Kumpulkan empat hingga lima orang yang berinvestasi dalam kesuksesan Anda. Kelompok tersebut harus mencakup pengusaha yang sudah ada, pelanggan, mentor, pengacara dan akuntan. Carilah kelompok konsultan atau program mentoring peer to peer untuk membantu juga.

 

12.  Filipi 4:13 NKJV Saya bisa melakukan semua hal melalui Kristus yang menguatkan saya. 

Kapanpun Anda berjuang dengan kepercayaan diri Anda, bacalah ayat Alkitab ini untuk diri Anda sendiri. Akan ada saat-saat dalam bisnis Anda ketika Anda perlu memaksakan diri untuk melampaui apa yang menurut Anda mungkin. Kamu bisa melakukannya. Aku percaya padamu

 

Kalau Anda butuh penasehat/konsultan atau mentor silahkan hubungi kami.

Untuk konsultasi gratis klik di sini.

Untuk mendapatkan mentor klik di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar