LEMSAKTI adalah lembaga yang dibentuk/disahkan oleh Pemerintah untuk mengelola sumbangan keagamaan yang dapat dikurangkan dari penghasilan bruto dalam perhitungan pajak penghasilan

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 36 TAHUN 2008 TENTANG PERUBAHAN KEEMPAT ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 1983 TENTANG PAJAK PENGHASILAN

Pasal 9 ayat (1) Untuk menentukan besarnya Penghasilan Kena Pajak bagi Wajib Pajak dalam negeri dan bentuk usaha tetap tidak boleh dikurangkan:

g. harta yang dihibahkan, bantuan atau sumbangan, dan warisan ... , kecuali... sumbangan keagamaan yang sifatnya wajib bagi pemeluk agama yang diakui di Indonesia, yang diterima oleh lembaga keagamaan yang dibentuk atau disahkan oleh pemerintah, yang ketentuannya diatur dengan atau berdasarkan Peraturan Pemerintah;

Minggu, 10 Januari 2021

KONFIRMASI ULANG FUNGSI GEREJA

KONFIRMASI ULANG FUNGSI GEREJA

Matius 16:18 Dan, Aku juga mengatakan kepadamu bahwa kamu adalah Petrus. Dan, di atas batu ini, Aku akan membangun gereja-Ku dan gerbang-gerbang Hades tidak akan menguasainya. (AYT (2018))

 

Batu diterjemahkan dari petra. Petra adalah nama yang diberikan untuk feminin. Ini adalah bentuk feminin dari Peter, yang berasal dari kata Yunani "πέτρα" (IPA (key): / ˈpe. Tra /) yang berarti "batu ". Petra sebagai metafora seorang manusia seperti batu, karena ketegasan dan kekuatan jiwa. Manusia adalah manusia pria dan wanita.

Gereja diterjemahkan dari ekklhsia. Ecclesia (atau Ekklesia) dalam teologi Kristen berarti keduanya: tubuh tertentu dari orang-orang beriman, dan seluruh tubuh orang beriman. Ecclesia Latin, dari bahasa Yunani ekklesia, di mana kata tersebut merupakan gabungan dari dua segmen: "ek", preposisi yang berarti "keluar dari", dan kata kerja, "kaleo", yang berarti "memanggil" - bersama-sama, secara harfiah, "memanggil ke luar". Penggunaan itu segera menghilang dan diganti dengan "majelis, kongregasi, dewan", atau "pertemuan". Ekklesia berarti mengumpulkan warga yang dipanggil dari rumah mereka ke beberapa tempat umum atau pertemuan orang-orang yang berkumpul di tempat umum sebagai dewan untuk tujuan musyawarah mengambil keputusan yang dijadikan rujukan untuk melakukan tindakan.

GerejaKu artinya gereja milik Yesus Kristus.

Hades berarti kuburan. Dalam mitologi Yunani, Hades adalah tanah orang mati dan dewa yang memerintah di sana. Hades sang dewa (yang oleh orang Yunani disebut Pluto) adalah saudara dari Zeus dan Poseidon, yang menguasai langit dan lautan. Alam yang disebut Hades, tempat dia memerintah bersama istrinya, Persefone, adalah wilayah di bawah bumi, penuh dengan kekayaan mineral dan kesuburan serta rumah bagi jiwa-jiwa yang sudah mati. Hades hari ini kadang-kadang digunakan sebagai istilah sopan untuk Neraka ("Di Neraka lebih panas dari Hades!").

Gereja adalah kumpulan manusia. Tujuan gereja adalah mewujudkan tujuan Sang Pencipta yang menciptakan manusia. Gereja sudah berfungsi sesuai kehendak Tuhan Allah apabila Gereja telah dan terus melakukan apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia sesuai tujuan Allah menciptakann manusia. Di sini kita uraikan 9 tujuan Allah membangun Gereja.

Gereja Harus Takut dan Mematuhi Perintah Tuhan Allah.

Ecclesiastes 12:13 ESV. Akhir dari masalah ini; semuanya telah didengar. Takutlah pada Tuhan dan patuhi perintah-Nya, karena inilah seluruh tugas manusia.

Psalm 128: 1-6 ESV. A Song of Ascents. Berbahagialah setiap orang yang takut akan Tuhan, yang berjalan di jalanNya! Hasil kerja tanganmu harus kamu makan; kamu akan diberkati, dan itu akan baik-baik saja bagi kamu. Istrimu akan menjadi seperti pohon anggur yang subur di dalam rumahmu; anak-anakmu akan menjadi seperti pucuk zaitun di sekitar mejamu. Lihatlah, demikianlah orang yang takut akan Tuhan akan diberkati. Tuhan memberkati kamu dari Sion! Semoga kamu melihat kemakmuran Yerusalem sepanjang hari dalam hidupmu! ...

Amsal 1: 7 ESV. Takut akan Tuhan adalah awal dari pengetahuan; orang bodoh meremehkan kebijaksanaan dan instruksi.

Matius 22: 36-40 ESV. Guru, manakah perintah utama dalam Hukum? Dan Dia berkata kepadanya, “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap pikiranmu. Ini adalah perintah yang utama dan yang pertama. Dan sedetik seperti itu: Kasihilah sesamamu seperti dirimu sendiri. Pada dua perintah ini bergantung semua Hukum dan para Nabi."

Gereja Harus Memuliakan Tuhan Allah.

1 Corinthians 10:31 ESV. Jadi, apakah Anda makan atau minum, atau apapun yang Anda lakukan, lakukan semuanya untuk kemuliaan Tuhan.

1 Peter 4:11 ESV. Siapapun yang berbicara, sebagai orang yang berbicara tentang nubuat tentang Tuhan; barangsiapa melayani, sebagai orang yang melayani dengan kekuatan yang disediakan Tuhan — agar dalam segala hal Tuhan dimuliakan melalui Yesus Kristus. Kepunyaan-Nya kemuliaan dan kekuasaan selamanya. Amin.

Revelation 4: 9-11 ESV. Dan setiap kali makhluk hidup memberikan kemuliaan dan kehormatan dan terima kasih kepada Dia yang duduk di atas takhta, yang hidup selama-lamanya, dua puluh empat tua-tua itu jatuh di hadapanNya yang duduk di atas takhta dan menyembah Dia yang hidup selama-lamanya. Mereka melemparkan mahkota mereka ke hadapan takhta, berkata, "Layaklah Anda, Tuhan dan Allah kami, untuk menerima kemuliaan dan kehormatan dan kuasa, karena Anda menciptakan segala sesuatu, dan dengan kehendak Anda mereka ada dan diciptakan."

Isaiah 43: 7 ESV. Setiap orang yang dipanggil dengan namaKu, yang Aku ciptakan untuk kemuliaanKu, yang Aku bentuk dan buat. "

Gereja Harus Menyelenggarakan Pemerintahan di Bumi Mewakili Tuhan Allah

Genesis 1:26 ESV. Kemudian Tuhan berkata, “Mari kita menjadikan manusia menurut gambar kita, menurut rupa kita. Dan biarlah mereka menguasai ikan-ikan di laut dan atas burung-burung di langit dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas setiap binatang melata yang merayap di bumi. ”

Kejadian 1:28 ESV. Dan Tuhan memberkati mereka. Dan Tuhan berkata kepada mereka, "Jadilah berbuah dan berlipat ganda dan penuhi bumi dan taklukkannya dan berkuasa atas ikan di laut dan atas burung di langit dan atas setiap makhluk hidup yang bergerak di bumi."

Efesus 1: 11-12 ESV. Di dalam Dia kita telah memperoleh warisan, telah ditakdirkan sesuai dengan tujuan Dia yang mengerjakan segala sesuatu menurut nasihat kehendakNya, sehingga kita yang pertama kali berharap di dalam Kristus dapat memuji kemuliaan-Nya.

Psalm 138: 8 ESV. Tuhan akan memenuhi tujuanNya untukku; cintamu yang teguh, ya Tuhan, bertahan selamanya. Jangan tinggalkan pekerjaan tangan Anda.

Titus 2: 11-14 ESV. Karena kasih karunia Tuhan telah muncul, membawa keselamatan bagi semua orang, melatih kita untuk meninggalkan ketidaksalehan dan nafsu duniawi, dan untuk hidup dengan kendali diri, lurus, dan hidup saleh di zaman sekarang, menunggu harapan kita yang diberkati, munculnya kemuliaan Tuhan dan Juruselamat kita Yesus Kristus yang Agung, yang memberikan diri-Nya bagi kita untuk menebus kita dari segala pelanggaran hukum dan untuk menyucikan bagi diriNya umat untuk milikNya sendiri yang bersemangat untuk pekerjaan yang baik.

Yohanes 17: 17-20. Menyucikan mereka dalam kebenaran; kata-kataMu adalah kebenaran. Saat Engkau mengirim Aku ke dunia, maka Aku telah mengirim mereka ke dunia. Dan demi mereka Aku menguduskan diriKu sendiri, agar mereka juga dapat dikuduskan dalam kebenaran. “Aku tidak hanya meminta ini, tapi juga bagi mereka yang percaya padaKu melalui perkataan mereka,

Isaiah 55:11 ESV. Demikianlah kata-kataKu yang keluar dari mulutKu; itu tidak akan kembali kepadaKu kosong, tetapi itu akan menyelesaikan apa yang Aku maksudkan, dan akan berhasil dalam hal yang Aku kirimkan.

Genesis 1:27 ESV. Jadi Tuhan menciptakan manusia menurut gambarNya sendiri, menurut gambar Allah Dia menciptakannya; laki-laki dan perempuan diciptakanNya mereka.

Mark 16:16 ESV. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.

Keluaran 9:16 ESV. Tetapi untuk tujuan ini Aku telah membangkitkanmu, untuk menunjukkan kepadamu kekuatanKu, sehingga namaKu dapat diumumkan di seluruh bumi.

Romans 8:30 ESV. Dan mereka yang Dia takdirkan Dia juga panggil, dan mereka yang Dia panggil Dia juga dibenarkan, dan mereka yang Dia benarkan juga Dia muliakan.

Ibrani 9:27 ESV. Dan sebagaimana ditetapkan bagi manusia untuk mati sekali, dan setelah itu datang penghakiman,

John 17: 3 ESV. Dan inilah kehidupan kekal, bahwa mereka mengenal Engkau satu-satunya Allah yang benar, dan Yesus Kristus yang telah Engkau kirim.

Matius 11:29 ESV. Pikullah kuk-Ku, dan belajarlah dariKu, karena Aku lembut dan rendah hati, dan kamu akan menemukan ketenangan bagi jiwa kamu.

salm 73: 21-28 ESV. Ketika jiwa saya sakit hati, ketika hati saya tertusuk, saya menjadi brutal dan bodoh; aku seperti binatang buas terhadapMu. Meskipun demikian, saya terus bersamaMu; Engkau memegang tangan kanan saya. Engkau membimbing saya dengan nasihatMu, dan setelah itu Engkau akan menerima saya menuju kemuliaan. Siapakah yang memiliki saya di surga selain Engkau? Dan tidak ada di dunia ini yang aku inginkan selain kamu. ...

Kejadian 2: 1-25 ESV. Demikianlah langit dan bumi selesai, dan semua tentara itu. Dan pada hari ketujuh Tuhan menyelesaikan pekerjaan yang telah Dia lakukan, dan Dia beristirahat pada hari ketujuh dari semua pekerjaan yang telah Dia lakukan. Maka Tuhan memberkati hari ketujuh dan menguduskannya, karena di atasnya Tuhan beristirahat dari semua pekerjaan yang telah Dia lakukan dalam penciptaan. Ini adalah generasi langit dan bumi ketika mereka diciptakan, pada hari Tuhan Allah menciptakan bumi dan langit. Ketika belum ada semak-semak di ladang dan tidak ada tanaman kecil di ladang yang tumbuh — karena Tuhan Allah tidak menyebabkan hujan turun di tanah, dan tidak ada orang yang mengerjakan tanah, ..

Efesus 6:12 ESV. Karena kami tidak bergumul melawan darah dan daging, tetapi melawan para penguasa, melawan otoritas, melawan kekuatan kosmik atas kegelapan saat ini, melawan kekuatan spiritual kejahatan di tempat-tempat surgawi.

Psalm 8: 3-8 ESV. Ketika saya melihat ke langitMu, karya jari-jariMu, bulan dan bintang-bintang, yang telah Engkau tempatkan, apakah manusia yang Engkau perhatikan dia, dan anak manusia yang Engkau rawat? Namun Engkau telah membuatnya sedikit lebih rendah dari makhluk surgawi dan memahkotainya dengan kemuliaan dan kehormatan. Engkau telah memberinya kekuasaan atas hasil karya tanganMu; Engkau telah meletakkan segala sesuatu di bawah kakinya, semua domba dan lembu, dan juga binatang di padang, ...

Gereja Harus Berkorban untuk Tuhan Allah.

Roma 12: 1 ESV. Oleh karena itu, saya menghimbau Anda, saudara-saudara, dengan belas kasihan Tuhan, untuk mempersembahkan tubuh Anda sebagai korban yang hidup, suci dan dapat diterima oleh Tuhan, yang merupakan ibadah spiritual Anda.

Gereja Harus Bergerak dalam Rencana Tuhan Allah.

Amsal 19:21 ESV. Banyak rencana dalam pikiran seseorang, tetapi tujuan Tuhanlah yang akan bertahan.

Jeremiah 29:11 ESV. Karena Aku tahu rencana yang Aku miliki untuk kamu, firman Tuhan, rencana untuk kesejahteraan dan bukan untuk kejahatan, untuk memberi kamu masa depan dan harapan.

Ecclesiastes 3: 1-3 ESV. Untuk segala sesuatu ada masanya, ada waktu untuk segala hal di bawah langit: ada waktu untuk lahir, ada waktu untuk mati; ada waktu untuk menanam, ada waktu untuk memetik apa yang ditanam; ada waktu untuk membunuh, ada waktu untuk menyembuhkan; ada waktu untuk merombak, ada waktu untuk membangun;

Gereja Harus Menyatakan Pujian untuk Tuhan Allah.

Isaiah 43:21 ESV. Orang-orang yang Aku bentuk untuk diriKu sendiri agar mereka menyatakan pujianKu.

Psalm 150: 6 ESV. Biarlah segala yang bernafas memuji Tuhan! Puji Tuhan!

Gereja Harus Berfungsi dengan Cara Tuhan Allah.

Micah 6: 8 ESV. Dia telah memberitahumu, hai manusia, apa yang baik; dan apa yang Tuhan tuntut dari kamu selain melakukan keadilan, dan mencintai kebaikan, dan berjalan dengan rendah hati bersama Allah Anda?

Roma 7:18 ESV. Karena aku tahu bahwa tidak ada hal baik yang tinggal di dalam diriku, yaitu di dalam dagingku. Karena aku memiliki keinginan untuk melakukan apa yang benar, tetapi bukan kemampuan untuk melaksanakannya.

Romans 8:28 ESV. Dan kita tahu bahwa bagi mereka yang mencintai Tuhan segala sesuatu bekerja sama untuk kebaikan, bagi mereka yang dipanggil sesuai dengan tujuan-Nya.

Isaiah 42: 1-25 ESV. Lihatlah hamba-Ku, yang aku pegang, pilihan-Ku, yang di dalamnya jiwaKu senang; Aku telah menaruh RohKu padaNya; Dia akan mendatangkan keadilan bagi bangsa-bangsa. Dia tidak akan menangis dengan keras atau meninggikan suaraNya, atau membuatnya terdengar di jalan; buluh yang memar tidak akan dipatahkannya, dan sumbu yang terbakar samar tidak akan dipadamkannya; Dia akan dengan setia menghadirkan keadilan. Dia tidak akan pingsan atau putus asa sampai Dia menegakkan keadilan di bumi; dan daerah pantai menunggu hukumNya. Demikianlah Firman Tuhan, Tuhan, yang menciptakan langit dan membentangkannya, yang membentangkan bumi dan apa yang berasal darinya, yang memberikan nafas kepada orang-orang di atasnya dan roh kepada mereka yang berjalan di dalamnya: ...

1 Yohanes 5:12 ESV. Siapapun yang memiliki Anak memiliki hidup; siapa yang tidak memiliki Anak Allah tidak memiliki hidup.

Philippians 3: 10-11 ESV. Agar saya dapat mengenal Dia dan kuasa kebangkitanNya, dan dapat berbagi penderitaanNya, menjadi seperti Dia dalam kematianNya, sehingga dengan cara apa pun saya dapat mencapai kebangkitan dari antara orang mati.

Romans 8:19 ESV. Karena ciptaan menunggu dengan kerinduan yang besar akan pengungkapan anak-anak Allah.

Genesis 3:16 ESV. Kepada wanita itu dia berkata, “Aku pasti akan melipatgandakan rasa sakitmu saat melahirkan; dalam kesakitan kamu akan melahirkan anak-anak. Keinginanmu adalah untuk suamimu, dan dia akan memerintahmu."

Genesis 2:18 ESV. Kemudian Tuhan Allah berkata, “Tidak baik bahwa pria itu sendirian; Aku akan membuat yang menjadi pembantu yang cocok untuknya."

John 6: 26-29 ESV. Yesus menjawab mereka, “Sungguh, sungguh, Aku berkata kepadamu, kamu mencari Aku, bukan karena kamu melihat tanda-tanda, tetapi karena kamu makan sampai kenyang. Jangan bekerja untuk makanan yang binasa, tetapi untuk makanan yang bertahan sampai hidup kekal, yang akan diberikan Putra Manusia kepadamu. Karena di atas Dia Allah Bapa telah memasang segelnya. "Lalu mereka berkata kepadaNya, "Apa yang harus kami lakukan, untuk melakukan pekerjaan Tuhan?" Yesus menjawab mereka, "Ini adalah pekerjaan Tuhan, bahwa kamu percaya kepada Dia yang diutusNya."

Micah 7: 8 ESV. Jangan bersukacita atas aku, hai musuhku; ketika saya jatuh, saya akan bangkit; ketika saya duduk dalam kegelapan, Tuhan akan menjadi terang bagi saya.

Genesis 2:24 ESV. Oleh karena itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan berpegang teguh pada istrinya, dan mereka akan menjadi satu daging.

Colossians 2: 9 ESV. Karena di dalam Dia seluruh kepenuhan keilahian berdiam di tubuh,

Philippians 1: 6 ESV. Dan saya yakin akan hal ini, bahwa Dia yang memulai pekerjaan yang baik di dalam Anda akan menyelesaikannya pada hari Yesus Kristus.

1 Tesalonika 5:23 ESV. Sekarang semoga Tuhan yang damai itu sendiri menguduskan Anda sepenuhnya, dan semoga seluruh roh dan jiwa serta tubuh Anda tetap tidak bercacat pada saat kedatangan Tuhan kita Yesus Kristus.

Psalm 78: 1-72 ESV. Sebuah Maskil dari Asaf. Berikan telinga, hai umatKu, untuk ajaranKu; miringkan telingamu ke kata-kata mulutKu! Aku akan membuka mulutKu dalam perumpamaan; Aku akan mengucapkan perkataan gelap dari masa lalu, hal-hal yang telah kita dengar dan ketahui, yang ayah kita telah ceritakan kepada kita. Kami tidak akan menyembunyikan mereka dari anak-anak mereka, tetapi memberitahukan kepada generasi yang akan datang perbuatan mulia Tuhan, dan kekuatanNya, dan keajaiban yang telah Dia lakukan. Dia menetapkan kesaksian dalam diri Yakub dan menetapkan hukum di Israel, yang Dia perintahkan agar ayah kita ajarkan kepada anak-anak mereka, ...

John 3: 16-17 ESV. “Karena Tuhan begitu mencintai dunia, sehingga Dia memberikan Putra satu-satunya, bahwa siapa pun yang percaya kepadaNya tidak akan binasa tetapi memiliki hidup yang kekal. Karena Tuhan tidak mengirim Putranya ke dunia untuk mengutuk dunia, tetapi agar dunia dapat diselamatkan melalui dia.

Gereja Harus Menyembah Tuhan Allah.

John 4:24 ESV. Tuhan adalah roh, dan mereka yang menyembahNya harus menyembah dalam roh dan kebenaran."

Gereja Harus Aman Dalam Perlindungan Tuhan Allah.

Psalm 91: 1-16 ESV. Dia yang berdiam di naungan Yang Mahatinggi akan tinggal di bawah bayang-bayang Yang Mahakuasa. Saya akan berkata kepada Tuhan, "Perlindungan saya dan benteng saya, Tuhan saya, kepada siapa saya percaya." Karena Dia akan membebaskan Anda dari jerat penangkap burung dan dari penyakit sampar yang mematikan. Dia akan menutupi Anda dengan sayapnya, dan di bawah sayapnya Anda akan menemukan perlindungan; kesetiaanNya adalah perisai dan tameng. Anda tidak akan takut pada teror malam, atau panah yang terbang di siang hari, ...

Joshua 1: 9 ESV. Bukankah aku sudah memerintahkanmu? Kuat dan berani. Jangan takut, dan jangan cemas, karena Tuhan, Allahmu, menyertai kamu kemanapun kamu pergi. ”


REFLEKSI UNTUK MANUSIA DAN GEREJA

Apakah Anda sebagai manusia atau Gereja sebagai kumpulan orang SUDAH:

 

1.      Takut dan Mematuhi Perintah Tuhan Allah?

2.      Memuliakan Tuhan Allah?

3.      Menyelenggarakan Pemerintahan di Bumi Mewakili Tuhan Allah?

4.      Berkorban untuk Tuhan Allah?

5.      Bergerak dalam Rencana Tuhan Allah?

6.      Menyatakan Pujian untuk Tuhan Allah?

7.      Berfungsi dengan Cara Tuhan Allah?

8.      Menyembah Tuhan Allah?

9.      Aman Dalam Perlindungan Tuhan Allah?

 

Apakah Anda menjawab YA atau SUDAH untuk ke-9 pertanyaan di atas? Kalau semua pertanyaan di atas Anda jawab YA atau SUDAH: puji Tuhan, Anda telah berfungsi sesuai kehendak Tuhan Allah.

Kalau ada jawaban Anda BELUM atau TIDAK: saatnya Anda melakukan perbaikan … gunakan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya untuk kebaikan Anda sendiri.

 

SELAMAT BERFUNGSI SEBAGAI GEREJA SESUAI KEHENDAK TUHAN ALLAH ….

Ini adalah pemenuhan dan jawaban atas doa yang diajarkan oleh Tuhan Yesus Kristus …. Jadilah kehendakMu di bumi seperti di Surga ….

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar