LEMSAKTI adalah lembaga yang dibentuk/disahkan oleh Pemerintah untuk mengelola sumbangan keagamaan yang dapat dikurangkan dari penghasilan bruto dalam perhitungan pajak penghasilan

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 36 TAHUN 2008 TENTANG PERUBAHAN KEEMPAT ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 1983 TENTANG PAJAK PENGHASILAN

Pasal 9 ayat (1) Untuk menentukan besarnya Penghasilan Kena Pajak bagi Wajib Pajak dalam negeri dan bentuk usaha tetap tidak boleh dikurangkan:

g. harta yang dihibahkan, bantuan atau sumbangan, dan warisan ... , kecuali... sumbangan keagamaan yang sifatnya wajib bagi pemeluk agama yang diakui di Indonesia, yang diterima oleh lembaga keagamaan yang dibentuk atau disahkan oleh pemerintah, yang ketentuannya diatur dengan atau berdasarkan Peraturan Pemerintah;

Minggu, 13 Juni 2021

KEJAHATAN KEUANGAN ADALAH DOSA YANG TIDAK DIAMPUNI?

KEJAHATAN KEUANGAN ADALAH DOSA YANG TIDAK DIAMPUNI?

Pengantar

Dalam blog ini untuk beberapa publikasi ke depan kita fokus tentang kejahatan keuangan. Untuk memahami lebih lengkap, kita akan mengangkat tiga kasus soal kejahatan yang cukup mengagetkan dan menjadi pelajaran yang sangat penting bagi kita. Ketiga kasus ini dimulai dengan murid Yesus sendiri, Yudas Iskariot. Kemudian kita melangkah ke murid Para Rasul, yaitu pasangan suami istri Ananias dan Safira. Kasus ketiga kita akan menyorot dan melihat pandangan Perjanjian Lama untuk lebih mendalami konsekuensi kejahatan keuangan ini. Kita akan bahas dan kupas kasus Akan (Achen) pada waktu Yosua memimpin bala tentara Israel menghancurkan dan menjarah Yerikho. Dalam pembahasan nantinya, dapat saja setiap kasus kita ulang dari perspektif dan alat kaji yang berbeda. Selamat menggali harta hikmat yang terkandung di dalamnya untuk mendukung pelayanan dan kehidupan Anda.

Mari kita lihat apa yang Alkitab katakan kepada kita.

Yehezkiel 28:12b-17 “‘Engkau adalah meterai kesempurnaan, penuh hikmat dan sempurna dalam keindahan. Engkau berada di Eden, taman Allah; setiap batu mulia menghiasi engkau: akik, chrysolite dan zamrud, topas, onyx dan jasper, lapis lazuli, pirus dan beryl. Pengaturan dan tempat dudukanmu terbuat dari emas; pada hari engkau diciptakan mereka sudah siap. Engkau diurapi sebagai kerub penjaga, karena itulah Aku menahbiskan engkau. Engkau berada di gunung suci Tuhan; engkau berjalan di antara batu-batu yang berapi-api. Engkau tidak bercela dalam cara engkau sejak hari engkau diciptakan sampai kejahatan ditemukan dalam dirimu. Melalui perdagangan luasmu, engkau dipenuhi dengan kekerasan, dan engkau berdosa. Jadi Aku mengusirmu dalam kehinaan dari gunung Tuhan, dan aku mengusirmu, kerub penjaga, dari antara batu-batu api. Hatimu menjadi sombong karena kecantikanmu, dan kamu merusak kebijaksanaanmu karena kemegahanmu. Jadi Aku melemparkan engkau ke bumi; Aku menjadikan engkau tontonan di hadapan raja-raja.

Yesaya 14:12–15 Betapa kamu telah jatuh dari surga, bintang pagi, putra fajar! Kamu telah dicampakkan ke bumi, kamu yang pernah merendahkan bangsa-bangsa! Engkau berkata dalam hatimu, "Aku akan naik ke langit; aku akan mengangkat takhtaku di atas bintang-bintang Allah; aku akan duduk bertahta di gunung pertemuan, di puncak tertinggi Gunung Zaphon. Aku akan naik di atas puncak awan; aku akan menjadikan diriku seperti Yang Mahatinggi.” Tapi engkau  dibawa ke alam kematian, ke kedalaman lubang.

Nats  di atas keduanya tentang Lucifer, Setan si Iblis yang artinya musuh Tuhan. Kita dapat melihat bahwa Lucifer diciptakan sebagai kerubim pelindung. Dia adalah segel kesempurnaan dan sempurna dalam keindahan. Tapi dia penuh dengan kekerasan dan dia berdosa. Dia ingin membuat dirinya seperti Tuhan dan menjadi sombong karena kecantikannya. Jadi dia diusir dari surga.

Adapun malaikat yang jatuh ada banyak referensi tentang mereka di dalam Alkitab tetapi tidak pernah disebutkan secara spesifik kapan mereka bergabung bersama setan. Dalam Wahyu 12 itu berbicara tentang dia mengambil sepertiga dari malaikat tapi itu di akhir zaman. Jadi, setan telah menipu para malaikat yang jatuh untuk berdosa dan memberontak melawan Tuhan tetapi kita  tidak tahu kapan itu terjadi.

Ada dua kalimat kunci dari kutipan di atas yang menjadi sorotan kita dalam tulisan ini. Pertama adalah “Melalui perdagangan luasmu, engkau dipenuhi dengan kekerasan, dan engkau berdosa.” Kedua “Hatimu menjadi sombong karena kecantikanmu, dan kamu merusak kebijaksanaanmu karena kemegahanmu. Jadi Aku melemparkan engkau ke bumi; Aku menjadikan engkau tontonan di hadapan raja-raja.” Yang kedua ini dipertegas dalam kutipan Yesaya.

 

Apa hubungan antara Lucifer dengan kejahatan keuangan?

Nefilim (bahasa Inggris: Nephilim; bahasa Ibrani: , ne-fi-lim, bentuk tunggal נָפִיל, Nafíl atau Naphil) adalah orang-orang yang dilahirkan dari hasil perkawinan ketika "anak-anak Allah menghadapi anak-anak perempuan manusia" sebelum terjadinya Air Bah raksasa menurut catatan Alkitab Ibrani dan Perjanjian Lama di Alkitab terutama pada Kejadian 6:4. Nama ini juga digunakan untuk merujuk kepada orang-orang raksasa yang menghuni Kanaan pada zaman Musa seperti yang dicatat dalam Bilangan 13:33. Sebuah kata bahasa Ibrani yang serupa dengan penandaan suara huruf hidup yang berbeda ditemukan pada Yehezkiel 32:27 untuk menyebut prajurit-prajurit Filistin yang mati. Sejak dahulu kala Allah merancang pemusnahan bangsa Kanaan melalui bala tentara Israel yang telah “dikuduskan” di Mesir selama sekitar 400 tahun. Pemusnahan bangsa Kanaan dimulai oleh Musa di seberang sungai Jordan, dan tanahnya menjadi warisan dari 2,5 suku: Suku Ruben, Gad dan separoh Suku Manase dari anak Yusuf. Selebihnya penaklukan bangsa Kanaan ini dipimpin oleh Yosua dan seterusnya masih berlanjut sampai hari ini antara Israel dengan tetangganya bangsa Arab.

Ketika para malaikat memberontak setelah ayah mereka mengetahui tentang Lilith dan kekasih manusianya, Lucifer-lah yang memimpin tuduhan itu. Bagaimanapun juga, dia adalah yang terkuat, paling bangga, dan jelas merupakan malaikat tingkat tinggi mengingat apa yang kita ketahui tentang mitologi Lucifer tradisional. Selama pertempuran itu - di mana Setan belum sepenuhnya terbentuk - malaikat pemberontak paling kuat kedua adalah Mammon, yang lebih dari saudara-saudaranya masih tidak menyukai malaikat sampai hari ini.

Ketika Belphegor keberatan dengan program pertukaran Diavolo antara alam surgawi, manusia, dan neraka, hanya Mammon yang mencantumkan keberatan lain - terhadap para malaikat, bukan manusia. Tapi dia juga menerima bahwa malaikat yang datang ke "wilayah kita" dapat diterima karena para malaikat tidak akan bisa melihat ke bawah hidung mereka pada saudara iblis alias malaikat yang jatuh.

Ini penting karena selain Lucifer, Mammon paling banyak kalah dalam kejatuhan, menjadi malaikat yang kuat sendiri, dan sebagai yang terkuat kedua kemungkinan sangat penting dalam upaya Lucifer untuk memberontak.

Bagi Mammon untuk terlibat dengan Lucifer akan sangat berarti bagi tujuannya, dan bagi Lucifer sendiri. Beel dan Belphegor bergabung untuk Lilith, Asmo tentu saja menyukai alam manusia sendiri seperti halnya Levi, tetapi Mammon mungkin adalah sekutu yang kurang terjamin.

Mammon menempatkan kesetiaannya di belakang Lucifer, dan untuk itu kakak tertua akan selalu berterima kasih. Mammon melakukan ini, bukan hanya untuk tujuan itu sendiri, tetapi karena cintanya pada Lucifer.

Teori lebih lanjut - Lucifer menghukum Mammon, mungkin secara fisik (dengan pukulan dan pelajaran saja). Mammon adalah yang tercepat di antara saudara-saudaranya, dan pasti bisa lolos dari genggaman Lucifer. Lucifer adalah seorang sadis, dan memiliki kesulitan untuk mengendalikan amarahnya (karena itu di disebut Setan) dan kekuatannya. Dengan menghukum orang lain, Lucifer mampu menjaga kontrol yang lebih baik atas dirinya sendiri. Dan saudara yang paling mencintainya adalah orang yang memberikan rasa sakitnya sendiri untuk membantunya mengatasi situasinya. Mammon memikirkan logika ini, dan Lucifer mungkin juga tahu meskipun dia tidak mengakuinya. Mammon menanggung beban semua penghinaan saudaranya - mereka menyebutnya masokis tetapi dia menyerap kemarahan mereka, aman dalam pengetahuan bahwa dia adalah SATU-SATUNYA saudara yang tidak pernah kehilangan kendali atas kekuatan atau bentuk iblisnya, atau tergoda untuk menggunakan kekuatannya secara acak.

Mammon tidak akan pernah mengatakan Lucifer adalah saudara favoritnya, dia akan mencalonkan dirinya sendiri tentu saja. Tapi Lucifer adalah saudara laki-laki yang paling dicintai Mammon, dan itulah sebabnya dia mengikutinya ke neraka.

Bagaimana Anda memahami mammon ini?

Mamon /ˈmæmən/ dalam Perjanjian Baru Alkitab umumnya dianggap berarti uang, kekayaan materi, atau entitas apa pun yang menjanjikan kekayaan, dan dikaitkan dengan pengejaran keuntungan yang serakah. Injil Matius dan Injil Lukas keduanya mengutip Yesus menggunakan kata dalam frasa yang sering diterjemahkan dalam bahasa Inggris sebagai "Kamu tidak dapat melayani Allah dan mamon." Pada Abad Pertengahan itu sering dipersonifikasikan dan kadang-kadang termasuk dalam tujuh pangeran Neraka (kisah di atas). Mamon dalam bahasa Ibrani (ממון) berarti "uang". Kata itu diadopsi ke dalam bahasa Ibrani modern yang berarti kekayaan.

Nama Kanaan mengacu pada putra Ham, putra Nuh serta keturunan Kanaan yang mendiami tanah di sebelah barat Sungai Yordan. Bahasa Ibrani untuk nama ini adalah diucapkan kena'an. Ini berasal dari akar kata (Kena) yang berarti "dibawa ke bawah oleh beban yang berat". Dengan ekstensi kata ini juga bisa berarti menundukkan atau rendah hati. Kanaan dan keturunannya terus-menerus "dijatuhkan". Kanaan dikutuk oleh Nuh dan keturunannya ditaklukkan dan ditaklukkan oleh Israel seperti yang dijanjikan Tuhan dalam Ulangan 9:3.

Karena itu ketahuilah pada hari ini, bahwa TUHAN, Allahmu, adalah Dia yang berjalan di depanmu seperti api yang memakan habis; Ia akan membinasakan mereka, dan Ia akan menjatuhkan mereka di hadapanmu: demikianlah engkau harus mengusir mereka, dan membuat mereka binasa dengan cepat, seperti yang telah difirmankan TUHAN kepadamu. (ASV)

Frasa "Turunkan" adalah kata Ibrani (Kena) dalam konteks penaklukan orang Kanaan. Tuhan memakai Israel untuk "menjatuhkan" (Kena) orang-orang yang "direndahkan" (Kena'an).

Kata (kena'an) juga bisa berarti "pedagang" seperti dalam Hosea 12:7 (ayat 8 dalam Alkitab Ibrani) sebagai pedagang adalah orang yang membawa beban berat.

Tapi tahukah Anda bahwa orang yang dapat menjadi kaya dengan cepat adalah pedagang? Mengapa? Karena dia mengambil keuntungan berlipat ganda dari barang dagangannya. Apalagi kalau perputaran uangnya bisa cepat, maka pertambahan kekayaannya juga berlipat ganda. Jadi, kekayaan adalah mammon yang dihasilkan dari membebani orang lain, mencurangi orang lain, mengambil hak dan harta kekayaan orang lain dengan cara licik. Orang yang membeli barang dagangan adalah orang yang jadi korban. Dia tahu ini tidak benar, tetapi dia tidak memiliki pilihan lain selain membeli barang itu karena dia membutuhkannya. Contohnya adalah pinjaman online (pinjol) yang marak dan viral akhir-akhir ini. Pinjam Rp2,7juta beberapa waktu kemudian sudah membengkak menjadi ratusan juta. Mereka inilah mammon jaman modern yang disebut pedagang jasa keuangan. Mengapa disebut jasa? Karena uang itu mereka pinjam dari bank atau orang lain dan kemudian mereka pinjamkan kepada korban-korban yang selalu berjatuhan. Contoh lainnya adalah investasi bodong bahkan dibalut diengan embel-embel agama. Anda tahu berapa banyak korbannya?  Satgas Waspada Investasi (SWI) mencatat kerugian yang disebabkan investasi ilegal (bodong) sepanjang 2020 mencapai Rp 5,9 triliun. Hukum dan hukuman masa sekarangpun sering sulit menjerat kecurangan atau kejahatan keuangan ini. Para korban mengadu ke polisi dengan sejumlah kerugian dan mengharap uangnya kembali. Tapi, korban ini tidak tahu bahwa polisi hanya akan menangani masalah pidananya. Tetapi uangnya yang sudah terlanjur mengucur keluar dari kantongnya bagaimana mengembalikannya? Bagaimana dengan para koruptor yang mengambil keuntungan atas beban keuangan Negara? Inipun umumnya melibatkan “perdagangan” terutama dalam pengadaan barang dan jasa untuk kebutuhan pemerintahan.

Mari kita lihat hubungan lanjutan menurut bible.

Kitab Kejadian menyebutkan Ham ben NOAH (*Noah ben) lahir 2446 SM. di Shulon, Timur, Eden.

Kejadian 5:32: 'Dan Nuh berumur lima ratus tahun; dan Nuh melahirkan Sem, Ham, dan Yafet.'

Kejadian 9:20-23 - 'Nuh, seorang petani, mulai menanami kebun anggur. Ketika dia meminum sebagian dari anggurnya, dia menjadi mabuk dan berbaring telanjang di dalam tendanya. Ham, ayah Kanaan, melihat aurat ayahnya dan memberitahu kedua saudaranya di luar. Tetapi Sem dan Yafet mengambil sebuah pakaian dan meletakkannya di atas bahu mereka; lalu mereka berjalan mundur dan menutupi aurat ayah mereka. Wajah mereka menghadap ke arah lain agar mereka tidak melihat aurat ayah mereka.'

Ham bisa saja menutupi ayahnya daripada mengeksposnya kepada saudara-saudaranya. Dia tidak menghargaii dan menghormati Nuh.

Kejadian 9:24-27 - 'Ketika Nuh terbangun dari anggurnya dan mengetahui apa yang telah dilakukan putra bungsunya kepadanya, dia berkata, "Terkutuklah! Jadilah Kanaan! Dia akan menjadi budak yang paling hilang bagi saudara-saudaranya. "

Dia juga berkata, "Terpujilah Tuhan, Tuhan Sem! Semoga Kanaan menjadi budak Sem.

Semoga Tuhan memperluas wilayah Yafet;

semoga Yafet tinggal di kemah Sem, dan semoga Kanaan menjadi budaknya."'

Nuh mengutuk Kanaan, putra Ham, tetapi tidak mengutuk Ham. Mungkin Kanaan terlibat dalam ketidakhormatan Nuh. Kutukan itu menunjukkan bahwa keturunan mereka akan ditindas dan dikendalikan oleh bangsa lain.

Kejadian 10:6 'Dan anak-anak Ham: Kush, dan Mizraim, dan Phut, dan Kanaan.' Mereka disebut sebagai 'Hamit'

Kejadian 10:20 'Inilah anak-anak Ham, menurut keluarganya, menurut bahasanya, menurut negerinya, dan menurut bangsanya.'

1 Tawarikh 2:8 'Anak-anak Ham: Kush, Mesir (Mizraim), Put, dan Kanaan.'

Keturunan HAM menetap di Arabia Selatan, Mesir Selatan, Pantai Timur Laut Tengah, dan Pantai Utara Afrika. Wilayah di mana Kanaan putra Ham dan keturunannya menetap dikenal sebagai Kanaan, yang kemudian menjadi rumah orang Israel dengan Yosua sebagai pemimpin mereka.

Keturunan Sem disebut sebagai Semit. Israel adalah salah satu keturuan Sem yang disebut kaum Semit yang dimusuhi dan dihancurkan oleh Nazi masa Hitler di Jerman.

 

Apa yang membedakan Tuhan dengan Setan? Yohanes 10:10 TB

Pencuri (setan) datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku (Tuhan) datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.

Apa persamaan antara Tuhan dengan Setan? Tuhan dan setan sama-sama menggunakan manusia untuk mewujudkan rencananya. Jadi manusia diperebutkan oleh Tuhan dan setan. Akibatnya, ada manusia yang menjadi seperti Tuhan; tetapi ada juga manusia yang menjadi seperti setan, contohnya Yudas Iskariot. Yudas Iskariot adalah contoh yang sempurna dari paparan kita tentang mammon yang dibenci Tuhan, dialah Kanaan yang dikutuk oleh Nuh.

Sekarang, mari kita lihat langsung ke kisah Yusas Iskariot?

APAKAH YUDAS PAHLAWAN?

Sebuah pertanyaan dari bahasa Urduja…

Yesus Kristus menderita dan mati untuk membayar hukuman dosa-dosa kita, sehingga mereka yang percaya kepada-Nya menjadi milikNya dan dapat bersama-sama dengan Dia dalam Kerajaan Surga, Kerajaan Yesus Kristus, baik selagi masih hidup di dunia ini maupun kemudian setelah pindah ke dalam tubuh kemuliaan. Jika Yudas Iskariot tidak mengkhianati Yesus, maka Yesus tidak akan menderita dan mati. Jika tidak ada orang lain yang menggantikan Yudas untuk mengkhianati Yesus, apakah Yudas bisa disebut seorang pahlawan bagi orang Kristen yang telah ditebus menjadi milik Yesus, dan memindahkan mereka dari Kerajaan Kegelapan ke dalam Kerajaan TerangNya?

 

Bersambung … Motif Yudas dalam Mengkhianati Yesus



Tidak ada komentar:

Posting Komentar